Total Knee Replacement dan Pasca Operasi

26 Nov 2018 22:46 210 Hits 0 Comments
Total Knee Replacement yang merupakan operasi penggantian sendi lutut diganti dengan logam dan plastik. untuk mengganti tulang rawan yang rentan terjadi gesekan sendi yang bisa membuat nyeri karena menahan berat badan

Total Knee Replacement yang merupakan operasi penggantian sendi lutut diganti dengan logam dan plastik. untuk mengganti tulang rawan yang rentan terjadi gesekan sendi yang bisa membuat nyeri karena menahan berat badan.

Operasi ini meskipun tingkat keberhasilannya tinggi tetapi tetap ada efek sampingnya seperti nabloding yaitu infeksi dari pembalutan yang berlapis-lapis. bisa juga terjadi thrombosis, prothese lepas karena tidak kuat menanggung beban berat badan serta aktivitas yang dijalani. operasi total knee replacement sangat tidak direkomendasikan pada orang yang sangat gemuk dan yang masih sangat muda usianya.

operasi ini mempunyai tingkat keberhasilan lebih dari 90%, akan tetapi harus ada keputusan kapan menganjurkan penggantian sendi karena tidak akan bertahan selamanya. Fase penyembuhan berlangsung antara 1 sampai dengan 3 bulan. setelah operasi, pasien dapat berjalan kembali dan nyeri sendi akan berkurang. biasanya aktifitas anda akan terbatas pada penekukan sendi lutut yang cukup ekstrim contohnya jongkok atau olahraga yang memrlukangerakan menekuk lutut.

Waktu operasi saat total knee replacement kira-kira 1 sampai 3 jam, prosedurnya sehabis operasi pasien dibawa ke ruang pemulihan, organ vitalnya dimonitor fungsinya saat sudah stabil pasien kembali dibawa ke bangsalnya.

aktifitas yang anda harus hindari saat total knee replacement yaitu:

1. Jogging atau lari

2. latihan yang padat

3. olahraga dengan gerak memutar seperti tennis, bola basket, sepakbola

Tujuan Utama Total Knee Replacement yaitu untuk mengurangi rasa sakit disebabkan oleh arthritis, tujuan lainnya untuk memperbaiki cacat serta kembalinya fungsi bagian tubuh seperti sediakala. lainnya untuk perubahan secara degeneratif sendi lutut yang parah.

Setelah Operasi dianjurkan segera ikut fisioterapi , ini tahapannya:

1. Saat Hari Operasi

- Deep breathing exercises

- active movement

2. setelah operasi hari pertama

- Iso metrik ekstremitas bawah yaitu quariceps, gluteus dan harmstring

- menggunakan immobilizer sendi lutut

- menahan beban setelah operasi , tergantung rekomendasi dokter

3. setelah operasi hari kedua

- berdiri di sisi ranjang dengan lutut immobilizer untuk menahan beban ekstremitas.

4. Setelah operasi hari ketiga dan keempat

- menguatkan otot lutut dan pinggul

- melakukan gerak latihan ekstensi lutut aktif

karena faktor kegagalannya yang hanya satuan persen, diantaranya yaitu karena kurangnya dokter hli yang menangani dan fasilitas RS yang tidak memadai maka Total Knee Replacement atau pergantian sendi lutut bisa meningkatkan priduktifitas kembali bagi yang menjalankan operasi tersebut.

karena tubuh senantiasa bisa bergerak dengan normal kembali, setelah sebelumnya fisioterapy dengan berbagai tahapan yang harus anda lalui. tetapi jika sudah dijalani dapat membuat bagian yang sakit berangsur-angsur pulih, maka anda bisa merasa normal kembali secara seutuhnya, tinggal anda yang harus menjaga berat badan agar lutut bisa menopang berat tubuh anda.

 

Tags

About The Author

marlonzo 21
Pensil

marlonzo

stay hungry, stay foolish

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel