Total Knee Replacement dan Persiapan sebelum Operasi

15 Nov 2018 11:48 399 Hits 0 Comments
Jika anda sedang dalam proses mengajukan operasi total knee replacement ada beberapa prosedur persiapan bedah yang harus anda lalui, simak tahapan-tahapannya berikut ini.

Jika anda sedang dalam proses mengajukan operasi total knee replacement ada beberapa prosedur persiapan bedah yang harus anda lalui, yaitu:
- Kesehatan Umum anda
- Obat-obatan yang sering anda gunakan
- Alergi
- Rekam Medis Operasi Sebelumnya
- Pendarahan
- Rekam Medis Tulang dan Sendi

Tindakan-tindakan itu dilakukan agar mencegah komplikasi yang memungkinkan terjadinya infeksi, trombosis vena , patah tulang, emboli paru dan prosthesis yang longgar. semua cara akan dilakukan demi mencegah terjadinya komplikasi dan infeksi tersebut setelah melakukan operasi Total Knee Replacement.

Sebelum Pembedahan
- Tetap jalankan gaya hidup seperti biasa dan sehat, hindari suntikan ke dalam sendi lutut demi menjaga sterilisasi sebelum melakukan operasi total knee replacement
- Jangan mengkonsumsi obat pereda nyeri dahulu selama 7 hari sebelum operasi, karena khawatir menimbulkan efek samping sesudah operasi.

Total Arthroplasty Lutut bisa mengembalikan kembali seperti sediakala fungsi lutut anda dan secara mobilitas akan normal kembali bagi penderita artritis. 
menurut data yang diperoleh bahwa sebanyak 98% pasien dapat kembali bekerja seperti biasa setelah melaksanakn penggantian lutut total. Operasi ini direkomendasikan oleh dokter anda bagi penderita: 
- Nyeri lutut tahap awal, peradangan dan kaku
- Nyeri lutut parah, peradangan dan kaku
- Tidak bisa bergerak
- Deformilitas lutut 

Jika hanya sebelah lutut anda yang mengalami nyeri, baik hanya kanan atau kiri saja, anda tetap bisa melakukan pergantian lutut total. jika hanya ingin satu lutut disebut unilateral. Jika kedua lutut ingin diganti bisa dilakukan dalam saat bersamaan atau beberapa bulan setelahnya.  sesudah dioperasi anda harus melakukan latihan fisioterapi agar terbiasa saat berjalan.

Ada penyakit yang harus anda tahu juga mengenai lutut yaitu Osteoarthritis, akan terjadi saat tulang rawan atau bantalan di permukaan lutut anda menutupi tulang rusak atau mulai terkikis. saat tulang-tulang bergesekan akan membuat gerak sulit dan sakit. 

Osteoarthritis tidak hanya terjadi di lutut saja, tapi bisa terjadi di leher, jari, pergelangan tangan, kaki , jempol kaki, dan pinggul. Untuk penyakit ini tidak ada obatnya, hanya obat-obatan penahan rasa sakit yang diberikan yang fungsinya menunda dan mengurangi rasa sakit. jika sudah sangat parah maka anda harus melakukan Operasi Total Knee Replacement

Jika anda sudah melakukan operasi Total Knee Replacement , anda bisa mencoba dirumah gerakan-gerakan ini :

Otot paha depan membantu berjalan, berlari dan aktivitas fisik lainnya yang melibatkan lutut

Paha meremas : Untuk memperkuat otot paha depan

Langkah-langkah yang harus dilakukan.

1.Berbaring telentang
2.Dorong lutut ke lantai. Otot paha Anda akan terasa kencang.
3.Tahan selama 5 detik dan lepaskan

Lakukan selama lebih dari seminggu agar otot-otot dan persendian anda lebih luwes gerakannya.

Tags

About The Author

marlonzo 22
Pensil

marlonzo

stay hungry, stay foolish

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel