Total Knee Replacement dan penyebabnya

13 Nov 2018 23:43 461 Hits 0 Comments
Di umur 40 tahun ke atas penyakit sendi mulai menyerang, osteoarthritis merupakan salah satunya yang sudah sangat kronis pada rawan sendi. ada 2 kategori osteoarthritis yaitu degenerative dan sekunder biasanya disebabkan oleh trauma tropisma.

Di umur 40 tahun ke atas penyakit sendi mulai menyerang, osteoarthritis merupakan salah satunya yang sudah sangat kronis pada rawan sendi. ada 2 kategori osteoarthritis yaitu degenerative dan sekunder biasanya disebabkan oleh trauma tropisma.

untuk memberi pemahaman mengenai  cara kerja sendi inilah mekanismenya.  Di Sendi ada suatu jaringan tulang rawan bernama kartilago dan menutup setiap ujung tulang yang menyusun sendi. cairan sinovat berada di antara tulang berfungsi sebaagai pelumas agar ujung tulang tidak sering bergesekan dan saling mengikis.

jika ujung-ujung tulang itu sering bergeekan maka akan mengikis jaringan dan mengakibatkan nyeri.   penyakit osteoarthritis perkembangannya sangat lambat dimana gejala pertama awalnya dari nyeri jika dibwa olahraga akan semakin parah dan harus istirahat agar membaik. jika sudah gejala awal geraknya akan semakin terbatas dan persendian menjadi kaku.

di pagi hari sendi menjdi kaku lalu saat ke siang hari kembali menghilang karena persendian sudah sering bergerak dan menjadi  lancar. jika sendi dirasa semakin buruk pergerakannya akibatnya menjadi susah ditekuk dan sendi akan berbunyi atau disebut juga dengan krepitasi.

Osteorthritis banyak disebabkan oleh:

1. Umur - semakin bertambahnya usia

2. gender: para wanita lebih beresiko terkna dibandingkan laki-laki

3. obesitas atau badan terlalu gemuk

4. Trauma: saat anda trauma, berolahraga pun akan terasa sakit

5. pekerjaan: jika saat anda bekerja dan sendi anda serasa tertekan maka banyak ditahan nanti sendi anda bisa meradang

6. Keturunan: saya juga baru tahu kalau radang sendi penyakit turunan,

7. orang dengan kelainan kongenital

Total Knee Replacement merupakan tindakan orthopedi yang sering dilakukan. di tahun 1997 ada sekitar 300,000 yang dilakukan di amerika serikat. berbagai macam kondisi pasien setelah melakukan operasi ini bertujuan agar mengurangi rasa sakit, fungsi dan kelancaran geraknya.

Pasien sebaiknya mempunyai radiogrgrafi yang mendokumentasikan mengenai kemajuan perubahan reumatik. Jika rasa sakit di lutut tidak sesuai dengan tampilan radiografi, penyebab lain harus dicari sebelum arthroplasty dilakukan. Koreksi dari deformitas dan memperbaiki fungsi sebaiknya merupakan pertimbangan hasil operasi yang sekunder  dan bukan merupakan indikasi primer. Total knee arthroplasty bisa dilakukan pada pasien  dari segala umur (kecuali secara skeletal belum matang). Sendi palsu memiliki keterbatasan seumur hidup dan daya tahan dari alat tersebut tergantung dari factor yang berhubungan dengan pasien dan arthroplasty.

Demikian penjelasan mengenai penggantian sendi lutut pada pasien dan osteoarthritis. Dari ulasan ini dapat disimpulkan Total Knee Arthroplasty merupakan suatu intervensi pada masalah lutut tingkat lanjut dan rehabilitasi merupakan komponen esensial untuk keseluruhan manajemen bagi pasien yang menjalani operasi TKA. Dengan mengetahui teknik prosedur operasi TKA pelaksanaan program rehabilitasi melalui koordinasi, perawatan pasien, rehabilitasi pre operatif dan pasca operatif dapat memaksimalkan tingkat fungsional dan kemampuan aktivitas pasien. Sehingga memperbaiki kualitas hidupnya.

Tags

About The Author

marlonzo 20
Pensil

marlonzo

stay hungry, stay foolish

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel