Fakta Unik Dibalik Cokelat Part 1

13 Nov 2018 09:52 1428 Hits 0 Comments
Mau tau fakta unik dibalik cokelat ? Simak ulasan berikut.

Cokelat adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Cokelat pertama kali dikonsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman, walaupun dipercaya bahwa dahulu cokelat hanya bisa dikonsumsi oleh para bangsawan.

Namun dibalik itu semua ada beberapa fakta unik mengenai cokelat, cokelat adalah suatu produk yang sangat lezat dan dipercaya sebagai simbol kasih sayang. Tidak heran jika cokelat banyak dipilih sebagai hadiah pada saat Valentine atau hari Natal. Berikut ini adalah 15 fakta unik tentang coklat yang dilansir dari www.vemale.com yaitu :

 

1. Bahasa Inggris dari kata 'cokelat' berasal dari kata Nahuatl, sebuah zat yang bisa dimakan  dan terbuat dari bahan berupa bibit pohon kakao. Beberapa tahun silam, penjelajah Spanyol menemukan cokolat di Amerika Tengah, mereka kemudian mencampurnya dengan cacahuatl, sebuah nama minuman yang terbuat dari kakao.

2. Karena penjelajah Spanyol menggunakan istilah 'cokelat' untuk menunjukkan minuman yang terbuat dari kakao, hal ini menimbulkan perdebatan bagi para ahli. Menurut Kamus Bahasa inggris, istilah ini mengacu pada 'minuman yang dibuat dari biji pohon kakao'. Hal ini pertama dikutip oleh Edward Grimstone di Acosta Historie dari Hindia Barat, pada tahun 1604, di mana dia meminum biji kakao yang dicairkan dan yang saat ini disebut sebagai cokelat.'

3. Dalam bahasa Perancis, kata “Cokelat” sering disalah artikan bukan sebagai produk cokelat, tapi mengacu pada anggota tubuh pria yang six pack dan ideal.

4. Cokelat adalah produk yang sangat terkenal di dunia barat. Kata cokelat itu sendiri kini telah dikembangkan untuk menggambarkan orang-orang yang sangat ingin mengonsumsinya dalam jumlah yang besar. Mereka menyebutnya dengan kata 'Chocoholic'. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1961 ketika salah satu wartawan dari surat kabar California membuat berita dengan judul "Apakah Anda memanggil orang yang lebih menyukai cokelat dengan sebutan chocoholic?" Entah itu maksudnya untuk berkomentar atau sebagai lelucon, istilah ini kemudian terus diingat dan digunakan oleh semua kalangan umum hingga hari ini.

5. Referensi cokelat juga ditemukan di British Rhyming Slang, yaitu “aku harus kakao” yang artinya adalah “saya harus mengatakan begitu”. Kata ini pertama kali diciptakan pada tahun 1936. Menurut Green Dictionary Slang, frase “cokelat” juga disalah artikan sebagai “seorang informan”.

6. Cokelat yang kita anggap sebagai kata benda, ternyata juga disalah artikan sebagai kata kerja di beberapa negara di dunia. Misalnya OED yang mencatat cokelat sebagai kata kerja, meskipun jarang digunakan, dan hanya memiliki satu kutipan ilustrasi di OED. Artinya adalah 'untuk minum cokelat' dan kutipan ini adalah hasil karya pada tahun 1850 yang disebut sebagai Eldorado.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel