Tips Menghemat Kuota Internet

12 Nov 2018 09:51 1274 Hits 0 Comments
Kuota internet sering habis tanpa sebab ? Simak tips berikut untuk menghemat kuota internet.

Saat ini internet sudah menjadi kebutuhan setiap hari didunia ini, karena mayoritas orang terutama anak – anak muda pasti mempunyai smartphone sendiri, dan sebuah smartphone tentu harus memiliki koneksi internet agar penggunaannya bisa maksimal untuk mecari informasi dengan browsing di internet, untuk mengakses layanan seperti streaming, bermain game online, dan lainnya. Itu semua membutuhkan paket internet.

Namun tidak jarang juga banyak orang yang mengalami keresahan karena data atau kuota internet yang mereka gunakan tersebut cepat habis, padahal pemakaian sepertinya tidak terlalu boros. Tentu saja jika hal tersebut terus – menerus terjadi maka pengeluaran uang untuk membeli kuota pun semakin tinggi.

Oleh karena itu disini saya ada beberapa tips untuk menghemat kuota agar tidak cepat habis, yang dilansir dari today.line.me yaitu :

1. Aktifkan Mode Pesawat Pada Malam Hari

Salah satu hal yang bisa memicu kuota internet cepat habis yaitu ketika kita menyalakan internet saat kita tidur di malam hari. Oleh karena itu disarankan untuk mengaktifkan mode pesawat, dan ternyata dari beberapa orang cara ini memang berhasil untuk menghemat kuota mereka, dan selain menghemat kuota menggunakan mode pesawat bisa menghemat baterai pada HP.

2. Matikan Update Otomatis Aplikasi

Ini biasanya menjadi penyebab yang bisa menghabiskan kuota internet dengan cepat. Karena update ototmatis pada aplikasi sangat jelas membuat kuota bisa terkuras, apalagi jika aplikasi itu adalah aplikasi yang berat dan menggunakan banyak kuota untuk mengupdatenya. Dan sangat disarankan untuk mematikan fitur update otomatis ini. Dengan begitu, kita bisa lebih hemat kuota, namun jika tidak mau menonaktifkan fitur update otomatis tersebut, maka bisa dianti dengan mengupdate hanya pada saat tersambung dengan Wifi saja.

3. Mematikan Auto – Play Video Di Sosial Media

Ketika menggunakan aplikasi sosmed seperti Instagram atau Facebook, terkadang pada saat kita scrool di berdanda dan ada beberapa postingan video yang terputar sendiri. Hal itu memerlukan kuota yang agak besar untuk memutar video tersebut, oleh karena itu disarankan untuk mematikan fitur Auto – Play Video tersebut agar kita bisa lebih menghemat kuotanya.

4. Lebih Cerdas Dalam Pembelian Kuota

Saat ini hampir semua provider seluler pasti menetapkan kebijakan pembagian kuota. Ada kuota flash yang khusus digunakan untuk mengakses semuanya seperti browsing, streaming dan lainnya. Ada juga kuota chat yang digunakan untuk sekedar chatting. Dan ada juga kuota yang khusus untuk streaming pada aplikasi tertentu. Oleh karena itu disarankan untuk membeli kuota sesuai kebutuhan, jangan sampai salah pilih dalam memilih paket internet.

5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Jika memiliki aplikasi yang tidak diperlukan lebih baik di uninstall saja, apalagi aplikasi tersebut seringkali muncul notifikasi seperti misalnya Online Shop. Padahal kit sendiri tidak pernah memakainya. Aplikasi semacam itu selalu terkoneksi internet, maka dari itu sebaiknya uninstall saja agar bisa lebih menghemat kuota kita.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel