5 Tips Memasak Nasi Goreng Yang Enak

9 Nov 2018 11:54 285 Hits 0 Comments
Suka nasi goreng? Yuk intip tips membuat nasi goreng yang satu ini. Karena ada resep andalan yang dapt kamu coba di rumah.

Nasi goreng menjadi salah satu makanan terfavorit dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Karena makanan yang satu ini merupakan makanan yang mudah untuk di masak. Walaupun begitu, tak banyak orang yang dapat memasak dengan enak.

Untuk itu, ada 5 (lima) tips agar masakan nasi goreng lebih enak. Berikut tipsnya;

1. Memilih beras yang tepat.

Memilih beras yang tepat akan membuat masakan nasi goreng kalian menjadi lebih enak. Seperti yang kita ketahui, beras merupakan bahan dasar yang wajib pada pembuatan nasi goreng.

Dalam membuat nasi goreng alangkah baiknya untuk menggunakan nasi yang tidak terlalu pulen atau pera. Beras pulen memiliki kadar glukosa yang lebih banyak, sehingga tidak dianjurkan pada pembuatan nasi goreng, begitupun nasi pera yang terlalu buyar.

Untuk itu, gunakanlah beras gotong royong yang memiliki komposisi yang pas, yakni beras premium, kadar air maksimal, sera derajat sosoh minimal dan butir patah yang membuat nasi lebih enak untuk dikonsumsi, baik untuk di goreng atau dimakan bersamaan dengan lauk.

2. Gunakan Nasi yang sudah dingin.

Untuk membuat nasi goreng akan lebih enak jika nasi dalam keadaan dingin, hal ini di karenakan nasi yang baru saja dimakan, jika di goreng akan membuat nasi tersebut menjadi lembek.

Maka dari itu, jika kalian ingin memasak nasi goreng alangkah baiknya menunggu nasi menjadi dingin terlebih dahulu, sehingga saat di masak nasi tidak akan menjadi lembek.

3. Menggunakan bawang putih.

Bawang putih merupakan rempah – rempah yang akan menambah cita rasa pada masakan nasi goreng. Bawang putih berguna sebagai penyedap rasa agar membuat nasi goreng lebih gurih dan membuat aroma sedap pada makanan tersebut.

Agar semakin enak masalah nasi goreng kalian, bawang putih tidak hanya sekedar di geprek ataupun di potong dadu kecil – kecil, kalian dapat membuat baceman bawang putih.

Dalam pembuatan baceman bawang putih, yakni;

  • Cuci bersih bawang putih, kemudain tiriskan.

  • Setelah itu, uleg bawang putih kasar dan sisihkan.

  • Tambahkan kemiri yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, kemudian campur dengan bawang putih yang sudah diulek.

  • Lalu, masukan bahan campuran tersebut pada toples kaca.

  • Langkah terakhir beri sedikit minyak goreng pada bumbu campuran tersebut, dan tutup rapat toples.

 

4. Bumbu dan saus jangan terlalu matang.

Agar nasi goreng lebih enak dan gurih, saat menumis bumbu jangan terlalu matang. Sehingga aroma sedan dan gurihnya bumbu masih terasa pada nasi goreng. Saat kalian memasukan nasi, langsung diaduk cepat dan rata dengan bumbu.

Hal ini juga berlaku pada saus, jika terlalu lama di goreng bersamaan dengan nasi akan membuat nasi menjadi lebih lembek. Dan mengurangi cita rasa pada nasi goreng.

Oleh karena itu, jika kalian membuat nasi goreng jangan terlalu lama, karena akan mengurangi cita rasa.

5. Menggunakan wajan panas.

Saat kalian memasak nasi goreng alangkah baiknya menggunakan wajan panas, hal ini agar wajan tidak lengket saat memasak nasi goreng. Lengketnya nasi akan mempengaruhi cita rasa.

Oleh karena itu, saat membuat nasi goreng kalian harus pastikan wajan dalam keadaan panas.

 
Tags

About The Author

Graby 19
Pensil

Graby

Content writing about startup digital and humanities.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel