Apa itu Deja vu?

8 Nov 2018 10:28 269 Hits 0 Comments
Kenapa bisa Deja vu?

Percaya atau tidak pada umumnya semua orang pasti pernah mengalami deja vu. Banyak orang mendefinisikan hal ini sebagai gangguan pada otak, sedangkan yang lainnya berpendapat jika deja vu berhubungan erat dengan kehidupan lain di masa lalu.

Déjà vu merupakan suatu keadaan di mana kamu akan merasa familiar dengan kondisi sekitar,seolah-olah kamu sudah mengalami hal tersebut dengan keadaan yang sama persis.Padahal apa yang sedang dialami sekarang mungkin adalah yang pertama kalinya untuk kamu dan belum dilakukan sama sekali.

Déjà vu sendiri berasal dari Bahasa perancis yang artinya sudah terlihat.Sekitar dua dari tiga orang akan mengalami fenomena tersebut pada satu waktu atau waktu lainya. Déjà vu juga merupakan suatu pengalaman subjektif, sehingga masih sulit untuk di jadikan sebuah subjek penelitian untuk di buktikan kebenarannya.

Namun, percaya atau tidak percaya umumnya pasti setiap orang pernah mengalami déjà vu. Banyak orang mendefinisikan hal ini sebagai gangguan pada otak, sedangkan lainya berpendapat jika déjà vu berhubungan erat dengan kehidupan masa lalu. Déjà vu sendiri terbagi dalam 3 jenis, yaitu:

 

  • Deja senti yang artinya memikirkannya

Perasaan ini merujuk pada sesuatu yang sudah dirasakan.Hal ini adalah fenomena kejiwaan dan para peneliti meyakini bahwa sesuatu yang telah dirasakan masa lalu sangat mirip dengan apa yang dirasakan dengan yang dirasakan saat ini. Kesamaan pada kedua pengalaman tersebut membuat sesorang merasa bahwa dia telah merasakan apa yang dirasakan pada masa lalu.

 

  • Deja vecu yang artinya mengalami

Ini adalah suatu perasaan dimana seseorang telah mengetahui apa yang sedikit akan sebuah kejadian yang akan  tejadi setelah ini atau merasa telah mengingat sesuatu saat masa lalu.

 

  • Deja visite yang artinya mengunjungi

Bentuk déjà vu ini merupakan suatu perasaan seseorang yang merasa telah mengunjungi suatu tempat yang  benar-benar sangat baru dan pertama kali di kunjungi.Seseorang yang mengalami kejadian déjà vu  ini, memiliki pengetahuan tentang sebuah tempat yang belum pernah di kunjungi.Bahkan dia mengetahui letak geografis sebuah tempat yang belum pernah di kunjungi nya.

 

Walaupun sudah bisa di jelaskan oleh ilmu pengetahuan tapi tidak semua orang percaya begitu saja dengan penjelasan tersebut.Beberapa teori terkait dengan déjà vu masih membuat beberapa orang bingung dan penasaran dengan hal tersebut dan beberapa orang mengatakan jika hal-hal tersebut itu masih misterius dan belum terpecahkan hingga saat ini karena masih sangat misterius.

 

Nah, dengan kita sudah mengetahui definisi serta jenis-jenis dari déjà vu . setidaknya kamu paham apa arti déjà vu dan bisa menarik kesimpulan dari hal tersebut. Jangan takut dan aneh itu akan terjadi pada siapapun dan itu mungkin akan berguna mungkin di lain waktu.

 

 

 

Tags

About The Author

Akbar Rahman - 4 22
Pensil

Akbar Rahman - 4

Enjoy your life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel