Penyebab Sakit Kepala Ketika Bangun Tidur

7 Nov 2018 10:02 1206 Hits 0 Comments
Seing sakit kepala ketika bangun tidur ? Berikut beberapa penyebab sakit kepala ketika bangun tidur

Ada banyak sekali faktor – faktor yang menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit kepala ketika bangun tidur. Hal ini tentunya tidak lepas dari kebiasaan dan jam ketika kita tidur. Biasanya, rasa sakit kepala yang menyerang sebagian besar orang tentunya disebabkan oleh dehidrasi yang ia alami selama tidur. Sakit kepala ketika bangun tidur disebabkan juga oleh naiknya tekanan darah secara cepat dan mendadak.

 Namun ada juga beberapa penyebab sakit kepala ketika bangun tidur lainnya yang dilansir dari www.hellosehat.com yaitu :

 

1. Migrain

Migrain adalah sakit kepala yang biasanya dimulai pada satu sisi kepala, tetapi dapat menjalar memengaruhi kedua belah sisi. Penyebab migrain belum diketahui pasti, tapi dicurigai fungsi otak yang tidak wajar jadi memengaruhi sinyal saraf, zat kimia dan pembuluh darah di otak. Rasa sakit migrain sering digambarkan sebagai nyeri berdenyut parah yang bisa bertambah buruk ketika terpapar cahaya terang, misalnya lampu / sinar matahari pagi. Perubahan cuaca yang ekstrim dari dingin ke panas, atau sebaliknya, juga dapat memicu gejala migrain kambuh.

2. Kurang Tidur

Kurang tidur akan mengingkatkan hormone stres (kortisol dan adrenalin) yang dapat meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung. Kurang tidur juga meningkatkan jumlah hormone tiroid dalam, sehingga menyebabkan peningkatan tekanan darah dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung. Hal ini menyebabkan otot jantung bekerja lebih keras dari yang seharusnya. Pada akhirnya, semua respon berantai ini bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Beberapa gangguan tidur, seperti insomnia, sleep apnea dan bruxism (kebiasaan menggemeretak gigi saat tidur) juga bisa membuat kita sulit untuk tidur nyenyak. Hal ini bisa semakin memperburuk keluhan sakit kepala saat bangun di pagi hari.

3. Salah Bantal

Salah bantal juga bisa menyebabkan sakit leher dan kaku seperti tidak bisa digerakkan ke kanan atau ke kiri. Rasa sakitnya bahkan bisa menjalar ke bahu. Salah bantal bisa terjadi ketika otot kita terlalu tegang sehingga teriritasi atau robek akbiat menggunakan bantal tinggi.

4. Berhenti Minum Kopi

Jika kita sudah terbiasa minum kopi secara teratur dan tiba – tiba berhenti minum kopi, hal ini bisa menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi dapat merangsang sistem otak untuk melebarkan pembuluh darah. Menghentikan asupan kafein secara tiba – tiba akan mengecilkan pembuluh darah di otak. Akibatnya semakin sedikit darah yang mengalir dari jantung ke otak, sehingga menyebabkan sakit kepala. Cara terbaiknya yaitu dengan mengurangi porsi kopi yang kita konsumsi selama sehari secara perlahan dalam satu atau dua minggu

5. Kondisi Yang Serius

Jika keluhan sakit kepala kita tida hilang setelah diobatai dan bukan disebabkan oleh beragam hal diatas, mungkin saja penyebabnya adalah sesuatu yang serius. Kanker otak sering menyebabkan sakit kepala parah yang berkelanjutan, terutama di pagi hari. Ini adalah akibat adanya peningkatan tekanan otak selama berbaring di tempat tidur dalam jangka waktu lama.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel