apakah tidur lebih dari 8 jam baik untuk kesehatan?

30 Oct 2018 10:08 168 Hits 0 Comments

Apa akibat apabila jika tidur lebih dari 8 jam sehari?

Akibat apabila jika tidur lebih dari 8 jam sehari

 

TIdur memang diperlukan oleh semua orang.Ketika seharian penuh beraktivitas , tidur sangat di perlukan oleh tubuh untuk berbagai macam tujuan yang sama yang sifatnya baik untuk kesehatan.

Namun jika berlebihan dan melebihi batas normal yaitu 8 jam, itu menjadi tidak normal. Lebih baik kamu hentikan kebiasaan buruk tersebut agar tehindar dari dampak buruk kesehatan.

 

DIkutip dari Liputan 6.com ada beberapa penyakit yang dapat muncul akibat tidur terlalu lama tidur bahwa orang yang  tidur lebih dari 9 jam dapat meningkatkan resiko terkena penyakit demensia 6 kali lebih besar

 

Selain itu juga ada beberapa penyakit yang muncul apabila kamu terlalu banyak tidur

  • Diabetes

Studi  mengatakan jika orang yang kurang tidur dan kelebihan tidur mereka mendapat resiko lebih besar mengidap diabetes, untuk pengidap diabetes ini mereka akan kesulitan bernapas ketika tidur sehingga dapat menyebabkan dengkuran yang hebat. Hal ini dapat menggangu waktu tidur diabetes yang akhirnya mereka memerlukan waktu tidur yang lebih lama. Ideal nya mereka tidur selama delapan jam merupakan waktu yang cukup untuk pengidap diabetes.

  • Obesitas

Kurang tidur atau terlalu banyak tidur dapat menyebabkan kenaikan berat badan drastis. Studi mengatakan bahwa orang yang tidur lebih dari 9 sampai 10 jam meningkatkan resiko obesitas sebesar 21 persen.Namun, pengaruh kenaikan berat badan juga di sertai oleh faktor seberapa sering melakukan olahraga dan asupan gizi sehari hari.

  • Sakit kepala

Jika telalu banyak tidur pada siang hari dan terganggu pada malam hari seringkali menyebabkan sakit kepala ketika pada bangun pagi hari. Selain itu, penyebab lainya adalah mengalami kerusakan memori otak dan fungsi kongnitif. Resiko lainya dapat menyebabkan degeneratif seperti Alzheimer dan demensia.

 

  • Sakit punggung

Sakit punggung dapat di sebabkan oleh berbagai macam faktor saat tidur. Salah satunya posisi tidur yang salah atau kemiringan posisi bantal. Ketika kita tidur lebih lama terjadinya posisi tidur yang di tambah dengan Kasur yang tidak nyaman justru dapat memperburuk rasa sakit pada punggung.

 

  • Depresi

Imsomnia dapat di kaitkan dengan depresi akibat kurang tidur. Disisi lain, depresi juga dapat meningkatkan keinginan untuk tidur. Jika kondisi ini terus berlanjut, Maka akibatnya bisa menjadi lebih buruk karena menggangu jadwal tidur yang seharusnya, sehingga berdampak pada rangkaian kesehatan lainya seperti hilangnya nafsu makan, system imun melemah , kelelahan, dan bahkan serangan jantung.

 

  • Penyakit jantung

Sebuah studi membuktikan bahwa 72 ribu wanita yang tidur lebih dari Sembilan jam atau bahkan 11 jam dapat meningkatkan resiko 38 % persen serangan jantung. Untuk itu , lebih baik atur agar terhindar dari dampak buruk yang dapat merusak tubuh.

Tidur berlebihan juga bisa menjadi indikasi penyakit lainya yang perlu di tangani secara medis, Kurangi alkohol agar lebih baik.

Tags

About The Author

Akbar Rahman - 4 22
Pensil

Akbar Rahman - 4

Enjoy your life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel