Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog Anda

25 Oct 2018 14:24 171 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Blog merupakan salah satu platform yang bisa sangat efektif dalam mengembangkan bisnis anda. Ya melalui blog dengan kelebihan di SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) blog akan meningkatkan brand awareness dari perusahaan Anda. Website kami di www.IDwebhost.com pun juga menggunakan blog dalam perihal ini. Nah, agar blog lebih menarik pembaca lebih banyak lagi, kita harus memiliki cara menemukan konten yang pas untuk blog

 

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog Anda

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog Anda

Blog merupakan salah satu platform yang bisa sangat efektif dalam mengembangkan bisnis anda. Ya melalui blog dengan kelebihan di SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) blog akan meningkatkan brand awareness dari perusahaan Anda. Website kami di www.IDwebhost.com pun juga menggunakan blog dalam perihal ini. Nah, agar blog lebih menarik pembaca lebih banyak lagi, kita harus memiliki cara menemukan konten yang pas untuk blog.

Namun seringkali anda mungkin kehabisan ide untuk mengisi konten di blog anda. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh 2 hal yakni anda bingung menentukan konten serta blog anda selalu sepi tanpa peningkatan pengunjung. Oleh karena itu di artikel ini kami akan membahas secara mendalam tentang 8 cara menemukan konten yang pas untuk blog anda

Mengapa kami memilih topik ini? Karena cara menemukan yang pas untuk blog adalah tahap yang paling penting. Jika anda salah dalam memilih topik atau konten utama untuk blog anda, maka blog anda tidak akan berhasil, akan gagal di tengah jalan dan harus memulai dari awal. Capek kan?

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog Anda

 

Kesalahan yang sering dilakukan dalam memilih topik blog

Sebelum anda membaca tips bagaimana cara menemukan konten yang pas untuk blog anda, alangkah baiknya anda memahami terlebih dahulu kesalahan apa saja yang sering dilakukan blogger pemula dalam memilih topik blog di bawah ini:

  • Memilih topik yang populer tapi sama sekali tidak tahu apa-apa tentang topik tersebut
  • Meniru topik blog milik orang lain lain karena melihat mereka sukses dengan topik tersebut
  • Memilih topik yang tidak jelas
  • Memilih topik yang tidak disukai banyak pembaca

Di atas adalah beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula. Akan sangat baik jika anda tidak melakukan atau mengulangi kesalahan-kesalahan tersebut.

5 Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog

Untuk menemukan konten yang pas bagi blog, anda harus mencari topik konten yang populer. Bagaimana cara mencari topik yang digemari dan menjadi bahan perbincangan banyak orang? mudah sekali, anda bisa mengambil inspirasi dari berbagai blog lain ataupun sosial media.

1. Forum, Komunitas FB dan Google Plus

Cara menemukan konten yang pas untuk blog anda yang pertama bisa dilakukan dengan cara mencari inspirasi dari ketiga sosial media ini.  Salah satu ciri utama bahwa sebuah topik akan populer adalah topik tersebut sering ditanyakan dan menjadi bahan perbincangan atau diskusi oleh orang lain atau seluruh member dari situs-situs komunitas.

Dan jika anda ingin tahu topik atau konten apa sih yang tengah populer saat ini, bisa anda ketahui melalui ketiga sosial media ini. Ya, karena Forum, komunitas FB dan Google Plus adalah tempat bagi netizen untuk memperbincangkan suatu topik hangat yang sedang ada. Dan dari topik yang ada di sosial media ini, bisa anda kembangkan menjadi topik atau konten di blog anda.

Pertama-tama, jika anda sebagai blogger belum bergabung ke situs komunitas, segera cari yang berhubungan dengan topik blog anda kemudian gabung di dalamnya. Jika anda punya blog otomotif? cari dan bergabunglah ke grup otomotif. Jika anda punya blog fashion? cari dan bergabunglah ke grup fashion.

2. Quora dan Reddit

Cara menemukan konten yang pas untuk blog adalah dengan menggunakan Quora dan Reddit. Quora adalah website tanya dan jawab (QnA) sedangkan Reddit adalah situs berkumpulnya berbagai macam komunitas. Keduanya website ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, dan keduanya merupakan situs terbesar dalam kategorinya masing-masing.

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog Anda

Ada yang unik dari kedua situs ini dibanding situs forum biasa, yaitu kedua website ini menggunakan sistem voting. Jadi apabila ada topik atau diskusi yang banyak disukai oleh orang lain, maka mereka bisa mem-vote topik tersebut. Semakin tinggi vote-nya, semakin populer topiknya. So, bagi anda yang tengah mencari inspirasi tentang konten blog anda, pastinya akan sangat mudah dengan menggunakan 2 website ini.

Di Quora dan Reddit anda hanya perlu memasukan keyword yang anda inginkan lalu klik search. Dan disana anda akan menemukan berbagai topik diskusi yang ramai dan menarik. Hal ini pastinya bisa menjadi inspirasi bagi anda dalam menentukan topik di blog anda. Namun sayangnya Reddit saat ini tengah diblokir oleh pemerintah kita yang tercinta, so menggunakan Quora saja sudah cukup

3. Dapatkan Inspirasi dari Blog lain

Tehnik ini cukup populer  dan sudah sering dilakukan oleh para blogger. Namun biasanya dilakukan dengan cara yang salah. Ada yang langsung ikut-ikutan menulis semua topik dari blog yang mereka tiru, ada pula yang justru memilih topik yang salah karena mereka tidak menguasinya.

Coba Ikuti tahap ini supaya anda tidak salah pilih. Pertama, temukan salah satu (atau lebih) blog yang memiliki topik sama atau mirip dengan anda. Gunakan Google, masukkan kata kunci “blog [topik yang anda inginkan]”, kemudian pilih blog yang benar-benar populer.

Dari cara ini anda akan punya ide untuk membuat konten seperti apa yang akan mendapatkan banyak share dari social media.Tapi yang harus diperhatikan adalah terinspirasi dari orang lain itu sah-sah saja, namun harus hati-hati.

Karena ketika anda membuat konten dalam topik yang sama dengan blog sumber inspirasi anda, jangan sampai isinya sama (walaupun ditulis ulang dengan kalimat berbeda).Karena kalau anda menulis ulang, saya 100% yakin konten anda akan jadi lebih jelek daripada milik mereka dan sudah termasuk plagiarisme.Kalau seperti itu, mustahil kontennya jadi populer.

4. Baca buku terpopuler di Amazon Kindle

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog selanjutnya adalah dengan membaca buku terpopuler di Amazon. Jika diibaratkan blog adalah sebuah buku, maka konten itu seperti sebuah bab atau sub-bab. Jadi jika anda mempunyai blog dalam suatu topik, anda bisa mencari buku-buku terpopuler dalam topik tersebut dan melihat apa saja yang dibahas di dalamnya.

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog Anda

Bagaimana Caranya? Mudah, anda bisa mampir ke toko buku terdekat…atau lihat toko buku online terbesar di dunia secara online yaitu di Amazon. Lalu Masuk ke kategori Kindle eBooks di Amazon. Lalu di kolom pencarian di bagian atas tinggal anda masukkan salah satu topik utama dari blog anda.

5. Mengikuti kursus online di Udemy

Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog yang terakhir adalah ikut kursus online di Udemy. Udemy adalah salah satu kursus online terbesar di dunia.

Prinsipnya menggunakan cara ini mirip dengan teknik nomor 4 di atas.Bedanya, di Udemy kursus-kursus yang populer lebih ke arah ilmu “teknologi”. Misalnya programming, SEO, digital marketing, fotografi, desain grafis, dll.

Berikut tadi 5 Cara Menemukan Konten yang Pas untuk Blog yang bisa kamu tiru. Setelah mempelajari caranya, ayo segera buat web di blog anda. Juga jangan lupa untuk menggunakan hosting terbaik yang akan membuat website anda semakin baik.

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Stylus

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel