Pagar Rumah Pendek yang Bisa Jadi Inspirasi

24 Oct 2018 16:25 363 Hits 0 Comments
Tengok ini dan dapatkan inspirasi agar pagar rumah pendek Anda makin ciamik. Idenya kreatif dan cocok banget untuk rumah Anda!

Keberadaan pagar pada suatu rumah memang bertujuan untuk melindungi rumah dari tindak kriminal. Maka dari itu, pagar rumah seringkali dibuat tinggi dengan alasan agar lebih aman.

Padahal, pagar yang tinggi sebenarnya justru mengacaukan estetika eksterior rumah itu sendiri. Hal ini dikarenakan gugusan masa yang sudah didesain dengan baik, malah tertutup oleh elemen tambahan.

Maka dari itu, pemilihan jenis dan desain pagar sebaiknya tidak perlu terlalu berlebihan. Bahkan, pagar pendek pun sebenarnya sangat menarik untuk diterapkan sebagai aspek keamanan sekaligus estetika.

Berikut beberapa desain pagar rumah pendek yang bisa jadi inspirasi. Khususnya untuk Anda yang lebih suka dengan desain pagar sederhana namun elegan.

Pagar Pendek untuk Lahan Pojok

Memiliki rumah di lahan pojok atau hook mengharuskan Anda memperhatikan desain pagar. Karena pagar yang terlalu tinggi bisa jadi menutupi batas pandang pengguna jalan.

Maka dari itu ketinggian pagar minimalis yang rendah akan sangat membantu para pengguna jalan. Sehingga Anda bisa memanfaatkan desain pagar yang membelok mengikuti marka jalan.

Untuk materialnya sendiri sebenarnya bebas dan disesuaikan dengan budget serta selera masing-masing. Anda bisa memanfaatkan material pabrikan maupun alami.

Memanfaatkan Kayu Pallet yang Sederhana

Anda memiliki budget terbatas untuk desain sebuah pagar? Berhentilah berpikir bahwa pagar harus selalu terbuat dari besi.

Coba manfaatkan material-material sederhana yang sering Anda temui di kehidupan sehari-hari. Misalnya kayu pallet bekas yang sering dijual dengan harga murah.

Dengan mengubah atau menyusun kayu-kayu tersebut, Anda akan mendapatkan pagar sederhana namun tetap terlihat elegan dan unik.

Pagar Pendek dengan Kayu Sintetis

Ingin menggunakan material kayu namun takut tidak tahan lama? Anda bisa mencari alternatif lain, salah satunya adalah kayu sintetis.

Jenis material kayu sintetis biasanya diuat dari bahan uPVC. Bahan ini mirip dengan kayu namun akan lebih tahan lama.

Selain itu, bahan ini lebih murah daripada menggunakan kayu asli. Anda bisa mendapatkan pagar yang lebih elegan dengan bahan ini dan sesuaikan dengan model yang diinginkan.

Memanfaatkan Material Besi untuk Pagar Pendek

Material umum yang digunakan untuk pagar adalah logam, sejenis besi. Tentunya pagar besi mudah ditemukan di Indonesia dan juga bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.

Anda pun bisa menggunakan besi untuk menghasilkan desain pagar yang lebih rendah. Pagar akan nampak lebih sederhana dan menarik.

Pagar Alami dari Tanaman Perdu

Jika ingin memiliki rumah yang asri dan terlihat sangat rindang, Anda bisa memanfaatkan tanaman perdu padat untuk menjadi pagar rumah. Pagar ini akan nampak sangat alami.

Namun, karena tanaman ini terus tumbuh dan berkembang, Anda perlu memotongnya secara berkala. Walau demikian, tidak ada salahnya memanfaatkan konsep ini untuk rumah yang lebih sehat.

Memanfaatkan Material Alami Bambu

Bambu adalah material yang ada sangat banyak di Indonesia. Selain alami, bambu juga jauh lebih awet daripada kayu.

Anda bisa memanfaatkan bambu sebagai pembentuk utama pagar pendek rumah. Bisa dengan memanfaatkan anyaman bambu, atau konstruksi bambu ikat yang tradisional.

Dengan desain demikian, pagar rumah akan nampak lebih tenang. Selain itu akan lebih menyatu dengan taman di depan rumah.

Pagar Masif dari Batu Bata

Pagar masif yang rendah juga bisa menjadi sangat pas untuk diterapkan di rumah tinggal. Anda bisa memanfaatkan material bata ekspose agar nampak lebih istimewa.

Rumah dengan pagar bata rendah ini juga bisa diaplikasikan dengan material lain, misalnya besi, batu alam, dan semisalnya.

Memanfaatkan Jaring Kawat

Jaring kawat yang sering Anda lihat di lapangan tenis ternyata juga bisa menjadi elemen pagar rendah yang menarik. Walau terlihat sederhana, desain pagar dengan menggunakan jaring kawat akan menjadi sangat indah jika dicat dengan warna yang tepat.

Anda juga bisa mencari jaring kawat yang memiliki pola atau gambar tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan estetika dan membentuk detail yang lebih menarik.

Demikianlah beberapa desain pagar rumah pendek yang bisa jadi inspirasi untuk rumah tinggal. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Tags

About The Author

Sulthon Habibi 12
Pensil

Sulthon Habibi

Lagi enjoy nulis aja.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Sulthon Habibi