Cari tau struktur folder di Codeigniter dan fungsinya

22 Oct 2018 14:34 2570 Hits 0 Comments
Belum tau? Yu cari tau..

Halo Plimber! apa kabar hari? semoga baik selalu ya.. Pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk memberikan beberapa pengetahuan seputar Framework. Setelah sekian lama kita sudah mempelajari PHP Native, pastinya kan kita ingin mencoba hal baru tentunya. Salah satu hal barunya yaitu mempelajari Framework. Nah, pada ulasan kali ini saya akan coba untuk memberikan beberapa fungsi dari tiap-tiap susunan folder pada CodeIgniter. Disimak yaa, semoga bermanfaat kawan-kawan.. 

Susunan folder CodeIgniter dan fungsinya

Application, di folder inilah aplikasi yang kita bangun diletakkan dan di folder ini juga kita akan meng-custom atau untuk membuat sendiri beberapa library dan helper didalamnya beberapa file yang dibutuhkan. 

Application/Cache, folder yang digunakan untuk menyimpan seluruh cache yang telah dibuat. Yang dimana cache ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan akses halaman. 

Application/Config, folder yang digunakan untuk menyimpan semua file konfigurasi. Berisi beberapa file pendukung dalam pengembangan aplikasi

Application/Controllers, folder yang berfungsi untuk menyimpan file Controller yang bertujuan untuk mengatur alur proses aliran data atau fungsi yang telah dibuat didalamnya.

Application/core, merupakan wadah untuk menyimpan kumpulan file yang bersifat inti.. Biasanya di application kita bisa mengganti file inti dari CodeIgniternya.

Application/helpers, folder yang berfungsi untuk menyimpan file helper, dimana file tersebut berisi beberapa fungsi yang dapat mengatur logika pemrograman untuk membantu controller.

Application/hooks, tempat menyimpan file hook yang berguna untuk  mengubah alur dari inti atau core di CI

 Application/language, tempat menyimpan file bahasa yang akan digunakan.

Application/ibraries, tempat menyimpan file custom library, yang berguna agar developer memungkinkan untuk menggunakan kembali baris programnya.

 Application/logs, tempat menyimpan file log (catatan tentang peristiwa users saat beraktivitas pada sistem)

Application/models, berisi file yang berfungsi untuk menangani semua fungsi yang berhubungan dengan manipulasi database

Application/third_party, berisi folder atau file yang berasal dari pihak ketiga, yang berfungsi untuk menambah fungsionalitas yang lebih besar pada sistem.

 Application/views, berisi folder atau file yang berhubungan dengan tampilan website yang akan ditujukan kepada user.

System, folder system merupakan bawaan dari codeigniter yang dimana secara default tidak dapat dirubah karena di folder system ini berisi beberapa folder dan file yang bersifat inti.

System/core, Folder yang merupakan wadah untuk menyimpan kumpulan file-file inti, jadi karena di system merupakan bawaan dari CodeIgniternya maka cobalah untuk tidak mengubah isinya yaaa..

System/database, berisi folder dan file database drivers, berfungsi untuk mengintegrasikan sistem dengan jenis database

System/helpers, berisi kumpulan data helper yang mungkin akan dipanggil fungsinya oleh user

System/language, berisi folder english sebagai penggunaan bahasanya, dimana merupakan bawaan dari CI tersebut

System/libraries, berisi kumpulan folder dan file yang berguna jika sewaktu-waktu pihak developer akan menggunakan library bawaan tersebut.

User_guide,folder yang berisi panduan untuk menggunakan CI

Nah seperti itulah fungsinya kawan-kawan!! Semoga bermanfaat yaa, tunggu artikel selanjutnya,, Stay tune terus okeh..

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel