Tips Mengatasi Gangguan Tidur

22 Oct 2018 09:44 1161 Hits 0 Comments
Mengapa kita sulit untuk tidur untuk malam hari ? Mungkin itu adalah gangguan tidur, simak tips berikut untuk mengatasi gangguan tidur.

Gangguan tidur adalah kondisi yang mempengaruhi kemampuan untuk tidur dengan baik secara teratur. Saat gangguan ini mulaimuncul secara teratur serta mempengaruhi kehidupan sehari – hari, maka hal ini akan menjadi suatu masalah kelainan pada pola tidur seseorang. Kekurangan tidur pada seseorang bisa membawa efek negative terhadap energi, suasana hati, konsentrasi dan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Jika dibiarkan tidak diatasi, efek negatifnya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mempengaruhi penampilan di tempat kerja ataupun juga kemampuan untuk melakukan aktivitas sehari – hari. Disini saya ada beberapa tips untuk mengatasi gangguan tidur yang dilansir dari www.dosenpsikologi.com yaitu :

 

1. Perawatan Medis

Jenis perawatan medis yang digunakan untuk cara mengatasi gangguan tidur berbeda – beda, tergantung jenis gangguan yang dialami. Contohnya, untuk insomnia, perawatan medis yang biasa dilakukan untuk cara mengatasi gangguan tidur ini adalah hipnotis untuk menyebabkan tidur dan juga membantu orang – orang untuk tetap tertidur. Untuk narkolepsi, obat – obatan stimulant digunakan untuk membantu menurunkan efek mengantuk di siang hari, juga anti depresan digunakan untuk mengobati gejalan lainnya seperti cataplexy, sleep paralysis dan halusinasi hypnogogic. Kita juga bisa mengetahui jenis pengobatan yang paling sesuai melalui konsultasi dengan dokter ahli.

2. Melakukan Relaksasi 

Gejala untuk beberapa gangguan tidur termasuk insomnia dan restless leg syndrome atau sindrom kaki gelisah bisa diminimalkan dengan menggunakan Teknik relaksasi, yoga, meditasi atau menggunakan latihan dengan gambar atau image tertentu. Olahraga telah membuktikan juga dapat memperbaiki kualitas tidur pada orang – orang yang tidak mengalami gangguan tidur, dan juga dapat membantu orang – orang yang insomnia untuk mendapatkan lebih banyak waktu tidur serta mengurangi stress.

3. Perbaiki Aktivitas Siang Hari

Terlepas dari masalah tidur kita, menetapkan jadwal yang konsisten setiap hari akan membantu cara mengatasi gangguan tidur. Mempertahankan jadwal aktivitas rutin akan membantu tubuh untuk tetap bergerak dan menggunakan energi kita seharian, agar merasa cukup leah dan dapat beristirahat di malam hari dengan mudah.

4. Membatasi Waktu Tidur

Cara mengatasi gangguan tidur ini dengan mengurangi waktu yang kita habiskan untuk berbaring di tempat tidur dengan terjaga. Caranya dengan menghilangkan waktu tidur siang dan tetap terjaa di luar waktu tidur normal kita. Cara ini bisa menjadi efektif khususnya untuk penderita insomnia. Tidak saja membuat kita lebih lelah pada malam hari namun juga akan membentuk hubungan yang lebih kuat antara tidur dan tempat tidur daripada tempat tidur dan tetap terjaga.

5. Atur Jadwal Tidur

Buatlah jadwal tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya. Cobalah untuk pergi tidur lebih awal dan juga bangun lebih awal untuk membiasakan tubuh kita menjalani irama yang sama seperti biasanya, agar lebih mudah tertidur di malam hari. Jangan melakukan olahraga paling tidak dalam waktu dua jam sebelum tidur. Dan jangan tidur siang melebihi jam 3 sore agar tidak merusak irama atau pola tidur kita.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel