Kriteria Website Yang Baik?

20 Oct 2018 23:55 407 Hits 0 Comments
Lalu seperti apa kriteria website yang baik?

Hallo plimber, kali ini saya akan membahas seputar apa sih kira kira kriteria website yang baik? istilah website ini memang sudah tidak terdengar asing lagi di telinga kita, menurut data yang saya dapatkan di hostingfacts.com bahwa pada Juni 2018 saja, total website di dunia ini berjumlah 1,89 milyar dan setiap harinya ada 50 ribu website yang diretas dengan WordPress sebagai jenis CMS yang paling sering diretas atau dihack.

Dari bermilyaran website yang ada di dunia ini, tentu tidak semua website masuk ke kategori website  yang baik, tentu ada website yang masuk ke kategori buruk, lalu apa saja kriteria sebuah website yang baik?

  • Desain website mengikuti topik dari website

Nah yang pertama merupakan desain website, tentu sebuah website harus memiliki desain yang sesuai dengan topic website tersebut sehingga user pun bisa menemukan hal yang ia cari di website kita dengan mudah. Contohnya saja untuk website E-Commerce, pada halaman awal kamu tentu melihat list barang-barang yang dijual dan bukan menampilkan informasi tentang siapa perusahaan yang membuat website E-Commerce tadi. Hal ini memang didasari pada kebutuhan user, ketika user masuk ke website E-Commerce, tentu tujuan ia hanya satu, yaitu melihat atau ingin membeli barang yang ada di website bukan untuk mengetahui latar belakang perusahaan dan hal lainnya, oleh karena desain yang kita buat untuk sebuah website, haruslah memenuhi atau sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan user.

  • Kecepatan dan ukuran website yang ramah pada user

Hal ini memang menjadi first impression user terhadap website kita, sebelum user melihat tampilan desain web kita, tentu ketika ia akan mengakses website kita harus melakukan loading terlebih dahulu, dan apabila loadingnya cepat mungkin tidak ada masalah, namun apa yang terjadi jika loading website cenderung lama? Tentu user akan langsung klik tombol kembali dan beralih ke website sebelah yang mungkin lebih ringan dan cepat dari user kita, padahal desain website kita sangatlah bagus.

Oleh karena itu ketika membuat website, harus diperhatikan setiap fungsi yang ada, apakah semua fungsi terpakai atau ada yang tidak terpakai.

  • Kompabilitas

Yang pertama, sebuah website haruslah responsive, responsive disini berarti website kita bisa menyesuaikan ukurannya sesuai ukuran device yang dipakai user untuk mengakses website kita.

Kemudian yang kedua setelah website itu Adactive, yaitu websie kita mampu beradaptasi dengan setiap perangkat, jika tadi responsive menyesuaikan ukuran tampilan website dengan ukuran device, maka apabila website anda adactive maka tampilan di berbagai media akan berbeda, bukan hanya ukuran tampilan websitenya saja

Dan ketiga website anda support AMP, yang merupakan project google yang mampu mempercepat loading hingga 4x lipat, juga memperkecil ukuran hingga 10x lipat. Website yang sudah support AMP akan lebih disukai terutama oleh penguna perangkat mobile

Selain itu, website kita juga haruslah bisa dijalankan di browser mana saja, baik itu google chrome, mozla firefox, internet explorer, safari, dan lain lain.

  • Teroptimasi dan Terintegrasi dengan baik

Dilansir dari thidiweb.com, Optimasi bukan hanya menyangkut kecepatan. Lebih penting dari pada itu adlaah struktur. Struktur website yang baik akan memudahkan mesin pencari memahami website anda. Sitemap salah satunya, memiliki fungsi sebagai penunjuk arah “Bot” mesin pencari ketika merayapi website anda. Optimasi keseluruhan menyangkut SEO website anda. Kinerja awal dari website didapatkan melalui jalan optimasi, bukan melalui tampilan juga lainnya.

Integrasi website memiliki peranan sangat penting. Website anda tidak dapat berdiri sendiri, anda di wajibkan memiliki akun dari setiap sosial media sebagai pondasi penunjang bisnis online. Akun lainnya juga tidak kalah penting, sebut saja google analystic, google webmaster, bing webmaster hingga CDN cloudflare. Dengan terintegrasinya website anda dengan semua akun sebagai pondasi pemasaran internet digital, mesin pencari serta pengguna internet akan melihat bisnis online anda sebagai kesatuan yang solid.

  • Keamanan Website yang baik

Dan yang terakhri website anda belumlah dikatakan sempurna jika server website anda memiliki kinerja yang buruk karena kinerja server mempengaruhi kecepatan dan kekuatan website, ketika keamanan website kurang kuat, bukan tidak mungkin bahwa para peretas akan melumpuhkan website anda.

Tags

About The Author

Ikhsan - 4 24
Pensil

Ikhsan - 4

Masih Belajar :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel