Fakta Unik Mata

18 Oct 2018 09:40 1125 Hits 0 Comments
Mata adalah sumber penglihatan pada manusia. Namun ada beberapa fakta dibalik mata yang mungkin belum kalian ketahui.

Mata merupakan salah satu anugerah tuhan yang sangat luar biasa. Karena dengan memiliki mata kita dapat mlihat begitu banyak hal yang ada di dalam kehidupan sehari – hari. Sebagian dari kita mungkin saja jarang memberi perhatian khusus kepada mata kita sampai – sampai terjadi sesuatu yang tidak beres barulah kita akan mencari tahu apa yang sedang terjadi.

Ternyata ada beberapa fakta menarik dibalik mata, yang mungkin saja belum diketahui banyak orang, dan dilansir dari www.pengensehat.com yaitu :

 

1.Semua Ingatan Berawal Dari Mata

Faktanya, mata adalah awal dari semua yang terekam dalam pikiran manusia, dan dengan memiliki mata kita dapat membedakan serta mengenal banyak hal dalam kehidupan. Bahkan 80% dari ingatan dan memori adalah hasil dari visualisasi mata kita. Dan hanya sekitar 20% memori dan ingatan berasal dari indera lainnya manusia dan manusia akan lebih mudah mengingat suatu hal dengan visualisasi.

2. Tidak Ada Orang Yang Bisa Melarikan Diri Dari Kacamata

Maksudnya adalah tidak ada manusia yang mampu menghindari diri dari penggunaan kacamata. Meskipun kita masih memiliki fungsi mata yang sempurna, kita tetap butuh alat untuk melindungi mata dari kotoran ataupun debu. Apalagi jika kitta sudah berusia sekitar 40 tahun, fokus lensa akan mengalami penurunan secara berangsur dan kita membutuhkan kacamata untuk membaca. Semakin tua maka akan semakin butuh kacamata dalam kehidupan sehari – hari.

3. Setiap Mata Memiliki Titik Buta

Maksudnya, bukan kebutaan dalam arti sebenarnya tetapi hanya kemampuan mata sebagus apapun akan mengalami hal ini. Jadi setiap mata memiliki titik buta, karena ada gangguan dari saraf optic yang sedang membawa informasi ke otak.

4. Usia Dewasa Mata Kita Adalah Umur 7 Tahun

Hal ini berdasarkan penelitian yang menyebutkan mata orang dewasa dan mata anak pada usia 7 tahun memiliki kelengkapan yang hampir sama. Maka disimpulkan pertumbuhan sempurna mata yaitu saat usia 7 tahun.

5. Mata Mampu Menunjukan Kita Sedang Terkena Diabetes

Dengan melihat mata dapat memberikan pengetahuan bahwa kita dalam keadaan sehat atau sedang mengalami diabetes. Apalagi bagi kita yang sedang mengalami diabetes tipe dua.

6. Orang Buta Dapat Melihat Jika Bermimpi

Selah satu fakta unik tentang mata adalah orang buta bisa melihat. Hasil penelitian menyebutkan orang buta dapat melihat dengan normal dalam mimpi mereka kecuali mereka buta sejak lahir.

7. Mata Tidak Dapat Ditransplantasikan

Tidak seperti organ tubuh yang lainnya, mata tidak bisa di transplantasikan karena terdapat lebih dari 1 juta serat saraf yang menghubungkan mata ke otak dan saat ini teknologi yang tercanggih pun belum bisa merekonstuksi seperti itu.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel