Waspadalah 5 jenis kepribadian ini ada di sekitar mu!

17 Oct 2018 10:03 354 Hits 0 Comments
Apa saja jenis gangguan nya simak ulasan nya!

Sadar atau tidak,kepribadiaan diri manusia terbentuk atas pikiran emosi dan perilaku yang sering melekat pada dirimu sendiri. Jika kepribadianmu ini mengalami gangguan tandanya itu ada penyimpangan perilaku akibat situasi yang terbentuk dari pengalaman pribadimu, Nah supaya lebih jelasnya kita akan bahas dibawah :

 

  1. Gangguan kepribadian skipzotipal

 Gangguan ini cenderung dialami oleh mereka yang sering kali menaruh curiga atau menganggap orang lain berbahaya. Mereka cenderung memiliki tingkat kepercayaan yang rendah kepada orang lain, dan biasanya merasa takut dengan iteraksi sosial terlebih secara langsung. Orang- orang seperti ini cenderung lebih sering merasa cemas berlebihan dan menafsirkan perilaku orang lain dengan kurang tepat atau berkebalikan faktanya, hal ini dapat membuat mereka kesulitan dalam membina hubungan sosial dengan orang lain sehingga orang lain sering menganggap mereka berkelakuan aneh  karena mereka sering mempercayai hal hal ilusi dan supranatural. Nah ini Namanya gangguan skipzotipal untuk kamu yang mengalami gangguan ini kamu gak perlu merasa rendah diri atau merasa berbeda dengan orang lain kamu hanya perlu konsultasi ke dokter sebab kalau ini tidak dapat tertangani dengan tepat ini akan menggangu kemampuan sosial dan kejiwaan mu.

 

  1. Gangguan kepribadiaan antisosial

Gangguan ini cenderung  kepada orang orang merasa tidak butuh bantuan orang lain, mereka kerap kali tidak berbicara dan jarang bercerita dengan berbagai permasalahan nya nah jika teman kamu ada yang  mengalami hal serupa kamu bisa mengajak nya bercerita secara lembut dan tanpa paksaan. Usahakan kamu bisa memasuki ketenangan batin nya agar ia merasa nyaman dan mau bercerita. Dan kamu juga bisa memotivasi orang yang memiliki gangguan ini agar tidak kecenderungan terlalu lama menyendiri dan berbuat hal yang merugikan dirinya sendiri.

 

 

3.Gangguan Ambang (Borderline Personality Disorder)

 

 Gangguan ini cenderung  membuat yang ini tidak memiliki kestabilan emosi dan berpengaruh dalam suasana hatinya sehingga dapat menyebabkan stress dan depresi, biasanya orang yang memiliki gangguan ini memiliki keinginan untuk menyakiti diri sendiri dan dia juga sering merasa tidak beharga atau bahkan cacat di hadapan orang lain, gejala nya cenderung berubah mood dan ketidakstabilan pribadi dan cenderung mengikuti kata hati dan memiliki ketakutan yang di ciptakan sendiri.

 

  1. Gangguan kepribadiaan dependen

Gangguan ini biasanya terjadi kepada orang orang yang memiliki kecemasan berlebihan ketika merasa gak di perhatikan dan di pedulikan orang terdekatmu, sering kali terantung kepada keputusan orang lain dan tidak kepada keputusan dirimu. Biasanya gangguan ini acap kali membuat orang merasa tidak percaya diri kepada kemampuan dirinya dan cenderung percaya ke kemapuan orang lain sehingga diri nya terlihat lebih pasif belum di temukan penyebab atas gangguan ini sampai saat ini.

 

  1. Gangguan anankastik

Gangguan  ini menyebabkan seseorang memiliki sifat pefeksionisme yang akut dan keinginan mengontrol semua aspek dalam hidupnya, tidak jarang orang yang memiliki gangguan ini memiliki sifat yang suka lebih banyak mengatur dan terlalu detail sehingga melupakan tujuan nya,kebiasaan lainya adalah orang yang memiliki gangguan ini melakukan sesuatu tetapi ia sadar telah melewatkan sesuatu  pastinya dia akan merasa bersalah dan akan mengulang lagi dari awal dan itu akan memakan banyak waktu tapi dia tidak peduli dan lebih peduli kepada kepatuhan urutan yang harus di lakukan .Salah satu penyebab nya ialah faktor genetik perilaku orang tua yang terlalu mengendalikan anakanya , Nah jika gangguan ini di biarkan akan menyebabkan gangguan kecemasan berlebihan dan stress.

 

Nah gimana sudah ada gambaran dari gangguan gangguan itu? Yuk, tingkatkan kepedulianmu terhadap kesehatan mental diri sendiri maupun orang-orang terdekat! Tanamkan pula dalam benakmu bahwa orang yang memiliki gangguan kepribadian gak seharusnya dijauhi, malah harus dirangkul dan gak perlu membeda-bedakannya.

Tags

About The Author

Akbar Rahman - 4 22
Pensil

Akbar Rahman - 4

Enjoy your life

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel