Dampak Buruk Dari Pergaulan Bebas

17 Oct 2018 09:44 1138 Hits 0 Comments
Kita sebagai seorang remaja, seharusnya bisa lebih pandai dalam hal memilih - milih teman. Karena jika kita memilih teman yang salah, bisa saja kita terjerumus kedalam hal buruk. Berikut ulasan mengenai dampak buruk pergaulan bebas

Manusia adalah mahluk sosial, jadi bersosialisasi terhadap lingkungan dan sesama manusia itu memang menjadi suatu kodrat setiap mahluk dalam berkehidupan. Khususnya bagi para remaja, mereka pasti akan mencari jati diri dan pengalaman baru dalam hidupnya.  Pergaulan dalam kehidupan remaja pasti akan membawanya kepada masa depan yang baik atau buruk, karena jika awalnya sudah buruk maka akan sulit merubah ke kondisi yang baik.

Pergaulan remaja ada yang berdampak positif bagi mereka dan adapun yang berdampak buruk bagi mereka sendiri. Khusunya pada pergaulan yang buruk ini bisa menjerumuskan mereka ke dalam pergaulan bebas. Berikut ada beberapa macam – macam yang harus dihindari dan diwaspadai oleh para remaja dalam masa – masa perkembangannya, yang dilansir dari www.dosenpsikologi.com yaitu :

 

1. Terjerumus kepada Narkoba

Salah satu contoh dampak buruk pergaulan bebas bagi remaja dapat menimbulkan pengaruh kepada obat – obatan seperti narkoba, obat penenang dan lainnya. Remaja yang cenderung ingin mencoba hal – hal baru, jika tidak disaring dalam bergaul maka bisa saja memilih teman yang salah. Jadi peran orang tua sangat penting dalam memilih teman dan bergaul anaknya, untuk menghindari kenakalan remaja yang menyimpang.

2. Tawuran Remaja

Dalam hal positif maupun negative pergaulan bebas bagi remaja lain secara negatifnya adalah remaja mudah terbawa kepada kenakalan remaja, seperti terjadi tawuran, bullying, provokasi, dan masih banyak lagi. Usia remaja memang rentan terhadap provokasi dan isu yang tidak jelas kebenarannya, dan faktor emosi yang labil. Sehingga sangat mungkin terjadi penyimpangan kenakalan remaja karena salah dalam pergaulan dan terlalu bebas tanpa tahu batasan – batasan yang baik dan benar.

3. Seks Bebas

Banyak remaja yang ingin mencoba dan ingin tahu mengenai hal tersebut. Jika salah dalam memilih jalan dan pertemanan bisa saja remaja akan mencoba melakukan hal tersebut dan sudah pasti dampaknya sangat fatal. Dan selain itu akan terkucil dalam status sekolahnya, terhina secara agama, kemarahan dari orang tua, dan juga penyakit yang diderita sangat serius.

4. Minuman Keras Dan Rokok

Selain itu, ada juga dampak buruk lainnya dari pergalan bebas adalah akan terpengaruh kepada minuman keras dan rokok. Dan banyak juga remaja – remaja yang tidak baik mengatakan bahwa jika tidak merokok apalagi tidak mencoba minuman keras itu tidak gaul bahkan akan dijauhi dari komunitas dan pergaulan. Padahal jika mereka pandai memilih dan mengetahui apa saja dampak buruk yang akan dihadapi, maka tentu saja mereka akan menjauhi hal tersebut.

5. Melawan Terhadap Orang Tua

Dikarenakan lebih mendengarkan perkataan – perkataan yang tidak baik dan mungkin saja sudah terpengaruh oleh ucapan teman – teman gaulnya tersebut, bisa saja seorang remaja melawan dan mengangkang kepada orang tua. Hal tersebut sangat salah, karena kita sebagai remaja seharusnya bisa mendengarkan perkataannya, mendengarkan nasehatnya dan juga menghormatinya. Bukannya malah melawan orang tua.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel