Perlu Diketahui, Ini Beberapa Fakta Unik Tentang Sepakbola

16 Oct 2018 09:57 995 Hits 0 Comments
Apakah kalian mengetahui berbagai keunikan dibawah ini?

Sepakbola memang sudah menjadi olahraga terbaik saat ini. Disamping olahraga bulutangkis dan basket, sepakbola tetap menjadi olahraga nomor 1 bagi hampir mayoritas orang di dunia. Tidak hanya drama, namun terdapat juga berbagai keunikan pada olahraga yang satu ini.

Mungkin beberapa dari kalian sudah mengetahui keunikan yang terjadi di dunia sepakbola. Namun, apakah kalian mengetahui berbagai keunikan dibawah ini?Berikut keunikan tersebut.

  • Bukan FIFA yang membuat peraturan sepakbola

Seperti yang kita ketahui, FIFA adalah induk organisasi yang mengurus berbagai hal yang berkaitan dengan sepakbola. Tidak hanya mengadakan event seperti halnya Piala Dunia, FIFA juga punya hak untuk menjatuhkan hukuman pada pemain yang terbukti melanggar pada sebuah pertandingan yang berada pada tanggung jawab langsung dengan FIFA , seperti pertandingan persahabatan yang diadakan FIFA.

Namun, dibalik hak yang dimiliki oleh FIFA tersebut, ternyata bukan FIFA-lah yang membuat peraturan sepakbola seperti halnya skorsing, dan berbagai tindakan pelanggaran lainnya. Lalu, siapa yang membuat peraturan sepakbola tersebut?Nah, ada sebuah organisasi yang bernama IFAB (International Football Association Board). Organisasi inilah yang memiliki tugas untuk membuat aturan tersebut. Jadi, ketika ada sebuah tindakan pelanggaran peraturan dari seorang pemain didalam lingkungan FIFA, maka FIFA akan menjatuhkan hukuman berdasarkan apa yang telah dirancang oleh IFAB ini.

  • Inter Milan dulunya adalah bagian dari AC Milan

Inter Milan merupakan tim yang memiliki rivalitas sengit dengan para kontestan Italia lainnya, terutama dengan tim sekotanya, AC Milan. Rivalitas ini terbukti dengan jumlah trofi kedua tim tersebut di ajang Serie A yang berjumlah 18 gelar. Bukan hanya itu, rivalitas tersebut menjalar pada kedua belah supporter. Bahkan, pada pertandingan kedua tim pada tahun 2006, terjadi kericuhan yang menyebabkan pertandingan dihentikan karena lemparan flare masuk ke lapangan.

Dibalik rivalitas tersebut, ternyata Inter Milan dulunya merupakan bagian dari AC Milan. AC Milan sendiri didirikan oleh dua orang Inggris pada akhir abad ke-19. Namun, beberapa tahun kemudian terjadi perpecahan karena AC Milan hanya ingin dihuni oleh pemain lokal. Karena alasan tersebut, akhirnya didirikanlah Inter Milan yang ingin menerima pemain non-Italia.

  • Anfield sebenarnya bukan kandang Liverfool, namun kandang milik Everton

Kota Liverfool memiliki dua tim yang punya sejarah panjang dalam sepakbola Inggris. Seperti halnya Liverfool yang paling sukses sampai saat ini. Selain itu, ada juga Everton yang kerap menjadi batu sandungan tim-tim besar Inggris lainnya. Saat ini, Liverfool adalah pemilik stadion Anfield, sementara Everton memiliki stadion bernama Goodison Park.

Namun, pada masanya, stadion Anfield ini merupakan stadion milik dari Everton. Kenapa saat ini menjadi milik Liverfool?Dimasa lalu, terjadi konflik antar Presiden Everton saat itu, yaitu John Houlding dengan beberapa komite Everton. Konflik ini berujung dengan Everton yang pergi meninggalkan Anfield dan Houlding mendirikan Liverfool sebagai penghuni Anfield hingga saat ini.

  • Tim kasta dua Liga Inggris saat ini pernah menjuarai Liga Champions

Sepanjang perhelatan Liga Champions, hanya ada 22 tim yang mampu menjuarai Liga Champions. Kelima dari 22 tim tersebut berasal dari Inggris. Yang paling sukses dari 5 tim tersebut yaitu Liverfool dengan 5 gelar Liga Champions. Selain itu, ada juga Manchester United dan Chelsea, tim kuat saat ini yang mampu juara Liga Champions. Namun, ada 2 tim lagi yang mampu juara Liga Champions, dan itu bukanlah tim yang hebat saat ini sehebat City dan Arsenal sekarang.

Lalu, siapa 2 tim tersebut?Yaitu Aston Villa dan Nottingham Forest. Khusus untuk Nottingham Forest, mereka pernah juara 2 kali di ajang UCL. Hal itu dicapai pada sekitar tahun 60-70an. Hanya saja, itu terjadi di masa lalu, naasnya Nottingham Forest saat ini justru menjadi kesakitan di Championship. Di kasta kedua Liga Inggris, mereka seakan tampil tidak konsisten, hal inilah yang membuat Nottingham sulit untuk kembali ke Premier League.

Itulah beberapa fakta unik yang ada di dunia sepakbola.
Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 39
Ordinary

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel