Tips Meningkatkan Daya Ingat

14 Oct 2018 09:03 436 Hits 0 Comments
Mengapa kita yang masih muda terkadang masih suka lupa terhadap sesuatu ? Simak tips meningkatkan daya ingat berikut 

Seseorang pasti pernah mengalami lupa terhadap sesuatu, hal tersebut wajar terjadi pada orang – orang yang sudah lanjut usia. Namun terkadang baik orang – orang yang masih muda atau remaja atau juga anak – anak seringkali lupa terhadap suatu hal. Itupun terjadi dari beberapa faktor yang berbeda, setiap orang pasti ingin memiliki kondisi daya ingat yang sangat baik. Hal itu berkaitan dengan fungsi otak yang bekerja untuk berpikir hingga ke alam bawah sadar.

Namun disini saya ada beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat yang dilansir dari www.dosenpsikologi.com yaitu :

1. Olahraga Secara Teratur

Ketika seseorang berolahraga, otak akan bekerja hingga pada kapasitas maksimalnya. Sehingga akan membuat sel – sel syaraf meningkat yang mana bisa memperkuat ikatan antara sel otak dan mencegahnya dari resiko kerusakan. Selain itu sel syaraf akan turut serta mengeluarkan protein yaitu fakto neurotropis yang mana dapat memicu produksi dari berbagai zat kimia yang bisa unutuk otak serta meningkatkan kemampuan kognitif. Kita bisa melakukan olahraga yang ringan – ringan seperti lari pagi, renang ataupun bersepeda tetapi harus teratur.

2. Memperhatikan Asupan Makanan

Untuk meningkatkan daya ingat otak, tentunya kita harus memperhatikan nutrisi yang kita asup. Menjaga asupan nutrisi untuk otak, sebenarnya sangat mudah. Kita cukup banyak mengkonsumsi sayuran serta mengurangi makanan-makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Beberapa nutrisi yang baik untuk otak antara lain adalah MCT (Medium Chain Triglycerides) dan omega 3. Untuk omega 3, kita bisa mendapatkannya dengan mudah dari ikan salmon, kedelai, bayam, makanan laut, dan minyak ikan. Sedangkan MCT bisa kita dapatkan dari minyak kelapa.

3. Menjaga Kualitas Tidur

Untuk membuat daya ingat agar tetap kuat, kita harus tetap menjaga kualitas dari tidur kita sehari – hari.Dengan tidur yang nyenyak dan berkualitas, tentunya bisa membantu pengoptimalan dari kerja otak. Dalam sehari kita membutuhkan setidaknya 6 – 8 jam untuk mendukung kinerja otak.

4. Terus Mempelajari Hal Baru

Otak tetap harus terus bekerja agar sel-sel yang ada di dalamnya tetap dapat terhubung satu sama lainnya. Untuk melakukan hal tersebut, kita bisa mencoba untuk terus mempelajari hal-hal yang baru. Dengan mempelajari hal-hal yang baru tertentu biasanya membutuhkan kemampuan kognitif yang bisa membuat  daya ingat dapat terjaga kuat. Kuncinya hanya satu, carilah aktivitas yang anda sukai serta dapat menstimulasi otak.

5. Hindari Multitasking

Multitasking memang terkadang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, apalagi bagi kita yang memiliki banyak pekerjaan. Namun menyelesaikan pekerjaan dengan cara multitasking hanya akan menimbulkan dampak negatif dari daya ingat otak anda. Menurut penelitian yang ada, rata-rata manusia membutuhkan waktu sekitar 8 detik untuk bisa menyimpan memori di dalam otak. Sehingga jika anda melakukan multitasking tentu akan membuat anda tidak fokus bahkan tidak akan bisa berhasil mengingat salah satu hal yang sedang dikerjakan. Jika anda fokus mengerjakan satu pekerjaan saja maka tentunya akan membuat ingatan menjadi lebih baik.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 20
Pensil

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4