Dampak Ketika Rupiah Terus Melemah

14 Oct 2018 00:17 96 Hits 0 Comments
Lalu Apa Saja Dampaknya? Berikut ulasannya

Hallo plimber, kali ini saya akan kembali membahas seputar hal yang saat ini tengah ramai dibicarakan, yaitu penguatan kembali dollar amerika atau USD, perlu diketahui berdasarkan data yang saya dapatkan bahwa nilai tukar Rupiah ke dollar saat penulis membuat artikel ini adalah Rp. 15188, kurs rupiah ini memang tidak stabil kadang menguat dan juga kadang melemah, nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika pernah berada di titik paling anjlok yaitu pada tahun 1998 karena terjadinya krisis ekonomi di Indonesia.

Lalu, apa sih dampak yang ketika rupiah itu melemah?

  • Pekerja Asal Indonesia Yang Dibayar Menggunakan Dollar

Dampak pertama ketika dollar menguat tentu para pekerja yang berasal dari Indonesia yang dibayar menggunakan Dollar, bisa kita ambil contoh yaitu orang yang memiliki pekerjaan sebagai Programmer Freelancer, nah tentu apabila programmer tersebut mempunyai kerja sama dengan orang luar dan dia dibayar menggunakan Dollar tentu freelancer tadi mendapatkan pendapatan yang lebih, contohnya saja ketika seorang freelancer membuat sebuah aplikasi untuk klien nya yang berada di luar negeri dan aplikasi tadi dibayar seharga $800 pada saat nilai tukar dollar berada di angka Rp.14000, maka freelancer tadi akan mendapatkan upah sekitar Rp.11.200.000 untuk aplikasi nya tadi, dan ketika dollar pun menguat sehingga niali tukar nya berada di angka Rp.15188, maka apabila freelancer tadi membuat aplikasi lagi dan diberi upah $800 lagi, maka tentu ia akan mendapatkan upah sekitar Rp. 12.150.400. cukup menguntungkan bukan? Pendapatan freelancer tadi jadi naik hampir sekitar 1 juta.

  • Masyarakat Mulai Menggunakan Produk Lokal

Karena dollar terus menguat, tentu barang-barang impor dari luar negeri pun harganya menjadi semakin mahal, dulu sebelum dollar menguat, masyarakat Indonesia cenderung mengandalkan produk impor contohnya buah-buahan, nah ketika dollar terus menguat, otomatis harga buah menjadi semakin mahal dan hal tersebut membuat masyarakat mulai mengonsumsi buah-buahan lokal, tentu hal ini juga dapat menjadi sebuah keuntungan bagi para petan dan pedagang lokali karena produk lokal mulai dilirik oleh masyarakat.

  • Keuntungan Para Eksportir Akan Meningkat

Dampak selanjutnya adalah ketika dollar menguat maka keuntungan para eksportir juga akan meningkat, karena ketika dollar menguat, otomatis barang buatan Indonesia ini menjadi lebih murah di pasar dunia, sehingga hal ini membuat meningkatnya permintaan ekspor ke luar dan tentunya karena harganya dianggap murah , mereka juga tidak akan segan untuk membeli barang dari indonesia dalam jumlah yang banyak, tentu hal ini sangat menguntungkan bukan?

Namun untuk hal ini tentu tidak dirasakan oleh semua eksportir, karena ada beberapa eksportir yang membeli bahan baku dari luar, sehingga dengan terpaksa mereka harus menaikkan harga jual barang.

  • Kaburnya Para Investor Asing Di Indonesia

Dengan menguatnya dollar juga, tentu para investor asing akan berbondong-bondong untuk mengalihkan kekayaan mereka ke dalam USD, tentu hal ini membuat index harga saham Indonesia(IHSG) terus menurun. Dengan menurunnya IHSG tentu para pengusaha lokal akan kekurangan modal untuk menjalankan bisnisnya karena tidak adanya investor yang menanamkan modalnya.

  • Utang Indonesia Juga Menjadi Lebih Besar

Utang indonesia dilansir dari zenius.net sebagian besar berbentuk dolar Amerika. Dengan kenaikan Nilai USD, jumlah utang negara akan menjadi lebih besar. Biasanya pada akhir tahun, pemerintah menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau yang sering kita sebut RAPBN. Pada saat itu, pemerintah akan mengasumsikan nilai tukar Rupiah terhadap USD akan sebesar apa. Misalnya untuk APBN tahun 2018, pemerintah mengasumsikan nilai tukarnya adalah 1 USD = Rp.13.400. Sebagai akibatnya, perkiraan keuangan negara jadi banyak yang meleset, misalkan saja dengan asumsi nilai tukar seperti tadi, otomatis nilai utang negara yang dalam bentuk USD akan membengkak karena ternyata nilai tukarnya menjadi lebih besar, misal saja 1 USD = Rp.15188.

Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat..

Tags

About The Author

Ikhsan - 4 23
Pensil

Ikhsan - 4

Masih Belajar :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel