Mengapa Nilai Tukar Rupiah Terus Melemah

12 Oct 2018 16:56 74 Hits 0 Comments
Lalu mengapa nilai tukar dollar semakin naik ? berikut ulasannya

Hallo plimber, belakangan ini nilai tukar dollar menjadi semakin naik atau menguat, bahkan dalam beberapa bulan saja, nilai tukar dollar AS yang asalnya Rp.14000 kini semakin naik hingga menyentuh angka Rp.15200, cukup mengejutkan bukan? Maka tidak heran apabila barang barang yang diimpor dari luar negeri juga harganya semakin naik, contohnya barang elektronik seperti smartphone, laptop, dan barang barang lainnya. Maka jangan terkejut apabila bulan kemarin kamu berencana untuk membeli sebuah smartphone dari luar negeri , dan ketika bulan berikutnya harganya naik, tentu hal ini dikarenakan dollar yang terus menguat.

Lalu apa sih penyebab nilai tukar dollar terus naik dan rupiah terus melemah?

Menurut zenius.net, bahwa sebetulnya bukan Rupiah lah yang melemah, tapi dolar AS yang terus menguat, hal ini menjadi pemicu awal deresiasi nilai mata uang berbagai negara, termasuk rupiah Indonesia.

Hampir semua mata uang negara lain terdepresiasi terhadap nilai USD, masih dilansir dari zenius.net dari beberapa data sejak awal Maret sampai awal juli 2018, mata uang Singapura(SGD) terdepresiasi 3,22%, Yen Jepang (JPY) terdepresiasi sebesar 4,17 %, bahkan Euro(EUR) dan Poundsterling(GBP) juga terdepresiasi masing-masing 4,54% dan 4,76%. Jadi berdasarakan data diatas, bisa disimpulkan bahwa bukan hanya negara berkembang yang mata uang nya terkena depresiasi, negara yang ekonominya sudah sangat maju pun bisa terkena depresiasi pada mata uang mereka.

Awal Mula mengapa dolar terus menguat adalah karena pada beberapa tahun terakhir, defisit perdangan Amerika Serikat semakin membesar, hal ini dikarenakan jumlah impor Amerika Serikat lebih besar dibanding Ekspor. Dan ketika Donald Trump menjadi presiden Amerika Serikat(AS) ia pun mulai mengerjakan salah satu programnya yaitu menurunkan defisit AS, hal ini bisa dilihat ketika Maret 2018 Trump mengenakan pajak impor untuk besi baja dan alumunium yang masuk ke AS sebesar 25%, negara yang terkena dampak dari kenaikan tarif ini adalah Cina karena Cina merupakan partner dagang terbesar AS. Tentu hal ini membuat nilai defisit AS semakin mengecil.

Menanggapi kebijakan tersebut, presiden Cina Xi Jinping pun mengumumkan bahwa akan dikenakan tarif sebesar 25% untuk 128 produk dari amerika yang masuk ke pasar Cina, termasuk berbagai produk pangan. Tentu dengan adanya hal ini menyebabkan perang dagang antara Cina dan Amerika.

Dampaknya terhadap rupiah?

Dikarenakan adanya perang dagang antara Cina dan Amerika, maka pihak Amerika pun memberi kepastian kepada para investor atau pelaku bisnis bahwa Federal Reserve atau The Fed ( Bank sentral di amerika) memutuskan untuk menaikkan tingkat suku bunganya hingga mencapai 2%. Bahkan The Fed juga mengumumkan bahwa Fed Rate masih mungkin akan dilakukan sebanyak 2 kali lagi pada tahun ini.

Karena adanya keputusan tersebut, para investor pun akhirnya berbondong-bondong untuk mengalihkan kekayaan mereka ke dalam bentuk dollar amerika(USD), hal ini dikarenakan apabila investor tidak mengalihkan kekayaan mereka ke dalam bentuk mata uang lain selain dollar(contoh rupiah) maka tentu kekayaan mereka pun akan menurun, dan mereka akan sulit membeli barang yang harus dibayar menggunakan dollar, dan tentunya mereka juga akan semakin berat membayar utang yang dibayar menggunakan dollar. Sehingga karena para investor mengalihkan kekayaan mereka dalam bentuk USD, tentu nilai tukar mata uang negara lain akan mengalami penurunan.

Nah selain itu, karena banyak orang yang membeli instrument investasi berbasis USD, maka permintaan uang tersebut pun menjadi naik, sehingga harganya atau nilai tukanya pun ikut naik. Sehingga USD pun mengalami peningkatan nilai tukar terhadap berbagai mata uang lain di dunia termasuk Rupiah, maka hal ini menyebabkan hampir semua harga di Indonesia baik makanan,barang elektronik, dan lain-lain menjadi naik.

Sekian saja artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Tags

About The Author

Ikhsan - 4 23
Pensil

Ikhsan - 4

Masih Belajar :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel