Tips Mencari Ide Untuk Menulis Suatu Karya

12 Oct 2018 09:52 2074 Hits 0 Comments
Bagaimana cara mengembangkan ide kreatif, untuk emnulis suatu karya ? Simak tips berikut untuk mengetahuinya.

Sebagai penulis baik itu penulis fiksi, puisi, naskah dan lainnya, mungkin orang tersebut akan menggantungkan diri pda kemampuan mereka untuk mengalirkan ide dan mewujudkannya kedalam benduk kata – kata. Mencetuskan ide secara konsisten untuk menulis kreatif itu bisa dibilang sulit, tetapi pasti ada saja cara untuk merangsang kreativitas dan menghindari kebuntuan menulis.

Ada penulis yang bisa dengan mudah mendapatkan ide dengan cara mereka sendiri, namun ada juga seorang penulis yang merasa kesulitan untuk mendapatkan sebuah ide. Disini saya ada beberapa tips untuk mencari atau mendapatkan ide untuk menulis kreatif yang dilansir dari  www.id.wikihow.com yaitu :

1. Perbanyaklah Membaca Buku

Seorang penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Oleh karena itu, kita bisa mengikuti tren dalam bidang tulisan yang ditekuni, bisa juga melihat contoh gaya tulisan dari penulis lain, dan sekaligus bisa menemukan ide cerita dari bahan yang sudah kita baca tersebut baik dari koran, majalah, buku ataupun di internet.

2. Memperhatikan Peristiwa Dan Berita Yang Sedang Hangat Diperbincangkan

Jika seorang pembaca menyadari kaitan antara kisah yang kita tulis dengan peristiwa kehidupan sehari – hari atau yang sedang hangat diperbincangkan, kemungkinan mereka akan lebih berempati dengan karakter yang kita buat dan lebih menghargai ceritanya.

3. Mendengarkan Musik

Ternyata mendengarkan musik juga bisa membuat kita berfikir kreatif. Contohnya sebagai seorang penulis lagu biasanya mereka akan menulis lagunya dari pengalaman sehari – hari. Dan bangunlah ide kreatif dari lagu favorit kita.

4. Memanfaatkan Riset

Jika kita tertarik untuk menulis sebuah objek, pelajari subjek tersebut lebih jauh lagi. Kita mungkin saja akan menemukan detail menarik yang bisa membentuk inti dari seluruh tulisan kreatif itu.

5. Memcoba Mengamati Orang

Misalnya kita pergi ke area public tempat kita bisa mengamati orang datang dan pergi seperti mal, kafe ataupun juga sebuah taman. Saat mengamati orang – orang tersebut, ajukanlah pertanyaan seperti wartawan mengenai mereka ke diri kita. Dan jadikanlah jawaban – jawaban yang diberikan sebagai salah satu ide kreatif yang akan kita rancang.

6. Mencatat Pengalaman

Bisa saja kita menyebunya catatan, jurnal ataupun buku harian, yang pasti didalam catatan itu kita bisa menulis pengalaman bersama orang lain, tempat – tempat menarik, peristiwa tertentu, yang akan memberi kita sumber tertulis sebagai bahan cerita untuk kapan saja ketika dibutuhkan. Jadi intinya semakin banyak detail yang kita masukkan ke dalam catatan, semakin banyak juga detail yang bisa kita ambil dan dimasukkan ke dalam cerita. Dengan begitu, ceritanya akan lebih meyakinkan.

7. Berkumpul Bersama Penulis – Penulis Lain

Dengan meluangkan waktu bersama penulis lain, baik itu berpartsipasi di dalam kelompok menulis maupun dengan mengambul kelas menulis kreatif, bisa memberikan kita kesempatan untuk memperoleh ide dan dukungan dari mereka semua. Sudut pandang orang lain mungkin bisa membuat kita semangat untuk mengeksekusi ide yang sudah ada di dalam kepala dan mulai menulisnya. Atau bisa juga kita bertukar ide dengan penulis lainnya, tukarkan ide yang tidak bisa kita kembangkan dengan ide yang tidak bisa mereka kembangkan. Sehingga bisa saja ketika di diskusikan akan bisa menggarapnya.

8. Memanfaatkan Pengantar Cerita

Ada beberapa kasus, kita tidak perlu membuat kerangka dari awal. Orang lain telah membuat daftar kisah – kisah yang hebat untuk bisa dikembangkan. Pengantar cerita adalah scenario atau frasa pratulis yang bisa kita gunakan sebagai titik awal untuk membulai cerita.

9. Memikirkan Pembaca Kita

Kita harus bisa berfikir seperti misalnya kita ini akan menulis cerita unuk siapa. Kita tentu akan memilih topik yang berbeda untuk orang dewasa atau anak – anak, atau juga untuk kaum terpelajar dan orang awam , atau juga untuk pria dan wanita.

10. Mencoba Menulis Dua Karya Yang Berbeda

Jika merasa kesulitan mencari ide untuk membuat suatu karya. Kita bisa mencoba mengerjakan kisah lain, menggarap bagian cerita yang berbeda atau bahkan menulis jenis karya yang sama sekali berbeda jauh. Dengan begitu kita bisa mempertimbangkan dimana yang terbaik diantara keduanya.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel