Berbagai Macam Profesi Di Dunia IT (Part 3)

11 Oct 2018 14:04 107 Hits 0 Comments
Apa saja profesi tersebut, berikut ulasannya

Quality Assurance (QA)

Seorang Quality assurance memiliki tugas melakukan monitoring, ujicoba, dan memeriksa semua proses produksi sehingga produk atau software yang dihasilkan terjamin kualitasnya sehingga ketika produk atau software sudah berada di tangan klien, maka software tersebut terhindar dari berbagai macam bug dan error karena kualitasnya yang sudah dijaga.

Dilansir dari medium.com, bahwa Qualitiy Assurance(QA) bisa dilaksanakan oleh seorang QA Tester atau bisa juga dilaksanakan oleh seorang QA Engineer, QA Tester memiliki tugas utama melaksanakan pengujain terhadap perangkat atau emulator, membuat alur pengujian, serta membuat laporan hasil pengujian. Sedangakan QA Engineer bertugas untuk membuat program pengujian otomatis, membuat laporan pengujian, memberikan masukan atas aplikasi yang diuji, serta berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan, seperti pengembang UI/UX, back end atau product manager (PM).

SEO Specialist

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization, yang merupakan serangkaian proses yang dialkukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algroitma mesin pencari. Tujuan utama dari SEO adalah menempatkan sebuah web atau situs menjadi posisi teratas dari pencarian berdasarkan kata kunci tertentu.

Nah orang yang bekerja dalam bidang SEO ini disebut SEO Specialist yaitu orang yang ahli dalam mengoptimalkan SEO, sehingga website perusahaan menjadi posisi yang paling atas ketika user melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu.

Network Engineer

Network engineer dalah sebuah profesi yang memiliki tugas untuk mengurusi jaringan komputer/telekomunikasi di sebuah perusahaan atau organisasi sehingga jaringan yang dikelola oleh Network Engineer dapat berfungsi dengan baik, stabil, dan dapat diakses/digunakan oleh user.

Skill yang diperlukan untuk bisa menjadi seorang Network engineer dilansir dari achmadjournal.com, misal : cisco, mikrotik, juniper, borcade, tp-link, dll. Pada tahap awal, pemula wajib mempunyai dasar jaringan yang baik (pemahaman OSI layer, TCP/UDP, IPv4, Ethernet, dll), setelah itu belajar konfigurasi perangkat kerasnya. Akan jauh lebih baik jika seorang network engineer memiliki sertifikasi sebagai bukti dari keahlian dan pengalamannya/

Hardware Engineer

Dilansir dari codepolitan, Hardware engineer mmerupakan pekerjaan di industry mikroprosesor dan integrated circuit yang melibatkan proses fabrikasi mikroelektronika dan desain arsitektur mikroprosessor. Selain hardware engineer ada juga hardware programmer yang merupakan programming secara low level terhadap hardware, misalnya mikrokontroler, embedded siste, PLC atau device lainnya. Untuk menjadi Hardware Engineer kita harus menguasai arsitektur komputer dan cara kerja mikroprosesor / mikrokontroler, menguasai bahasa pemrograman Assembly dan atau C/C++, dan menguasai prinsip kerja komunikasi data baik secara parallel, serial (COM/USB).

Itulah tadi beberapa profesi yang ada di dunia IT, sekian saja dan semoga bermanfaat…

Tags

About The Author

Ikhsan - 4 24
Pensil

Ikhsan - 4

Masih Belajar :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel