Hati-hati, inilah beberapa macam modus penipuan yang sering dilakukan

11 Oct 2018 09:51 331 Hits 0 Comments
Hai bro and sist, kali ini saya akan coba untuk memberikan beberapa macam penipuan, yang pastinya harus kita waspadai. Yuk, simak sekarang!

            Halo kawan Plimbi! Apa kabar hari ini? Semoga baik selalu ya dan pastinya harus bersemangat okey. Yap, pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk memberikan sebuah informasi yang sangat penting untuk kita kehaui.

            Infonya yaitu, apakah kamu pernah ditipu? Penipuan sering terjadi dimana saja dan kapan saja bukan? Maka dari itu kita harus tetap waspada dalam menyikapinya. Contoh kejahatan penipuan pun pastinya banyak sekali motif nya. Dari mulai menelepon, e-cash, atau yang secara langsung dengan cara di hipnotis.

            Gak mungkin dong kita ingin jadi korban penipuan? Cara untuk mengatasinya ya kita harus tetap waspada dan kita harus mengetahui motif-motif penipuan. Maka dari itu saya akan coba berikan informasi mengenai macam-macam modus penipuan yang sering terjadi di lingkungan kita.

Yap berikut macamnya, silahkan dibaca dengan sepenuh hati yaa “

  1. Lewat undian

Apakah kamu pernah menemukan suatu kupon? Dimana kupon tersebut terdapat sebuah info kamu bakal dapetin jutaan rupiah dan harus kirim-kirim lewat telepon, surat, dan lain sebagainya. Wajiblah berwaspada, dan selidiki secara mendetail, banyak orang-orang yang melakukan penipuan dengan cara seperti itu. Dimana dalam kupon tersebut tertulis beberapa instansi-instansi yang berkaitan dengan pemerintah atau sebuah produk.

  1. E-Cash

Apakah kalian sudah tahu tentang penipuan ini? Yap, hal ini sering terjadi pada orang-orang yang bergelut didunia online shop. Dimana ada orang yang ingin membeli suatu produk yang kamu jual, namun pmbayarannya lewat e-cash. Nah, awas lho, berhati-hatilah nanti malah bukan orang tersebut yang akan mentransfer melainkan kamu yang akan mentransfer uang kepadanya. Perlu diketahui, biasanya penipuan ini dimulai dari pembayaran 500rb keatas. Namun ada juga sih, pembayaran lewat e-cash yang aman, tapi cobalah untuk cari informasi tentang pembayaran e-cash yang memang benar dan coba untuk tanya terus konsumen, apakah penipuan atau memang ingin memberi suatu produk.

  1. Menelepon

Nah, penipuan ini sudah sangat sering terjadi dilakukan. Mungkin karena sangat mudah untuk melacak suatu nomer hp tertentu dan bisa langsung untuk menghubungi nya. Berwaspadalah jika ada nomer telepon yang tidak dikenal ya. Biasanya modus ini mengatasnamakan saudara kamu dan meminta bantuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya, hal yang sering dilakukan yaitu si penjahat biasanya memberikan info bahwa ia ditilang dan harus ditebus sekian juta, ataupun si penjahat bermodus juga bahwa ia sedang dirumah sakit dan harus ditebus dengan uang puluhan juta. Waspadalah mereka bisa tahu nama saudara atau kerabat dekat kamu, jadi coba untuk cek ke tkp dengan membawa orang-orang yang mampu membantu kamu ataupun coba cek saudara atau kerabat kita yang tengah si penjahat mengatasnamakan kerabat kita.

  1. SMS

Yap, seperti halnya lewat telepon. Penipuan lewat sms pun bahkan sering dilakukan oleh si penjahat. Karena mungkin ada orang awam yang tidak mengetahuinya sehingga mudah terjerat oleh si penjahat. Penipuan ini biasanya memberikan suatu informasi dalam SMS bahwa kita akan mendapatkan uang tunai sekian juta rupiah namun sebelum mendapatkannya kita harus transfer uang pajak nya terlebih dahulu ke rekeningnya. Berwaspadalah biasanya penipuan ini dilakukan dengan nomor hp yang tidak dikenal. Jadi berhati-hatilah karena kalau informasi yang benar itu nomor teleponnya langsung memberikan sebuah nama dari instansi atau produk didalamnya.

  1. Hipnotis

Nah, inilah penipuan yang harus sangat kita waspadai temen-temen. Bentuk kejahatan ini sangat sering terjadi di lingkungan mu. Biasanya sih didaerah yang sepi-sepi dan di kota-kota besar. Dimana daerah tersebut biasanya di perumahan atau komplek yang dimana orang-orang yang ada dirumahnya selalu  pergi bekerja sehingga daerah pun sepi. Berwaspadalah ketika kamu sedang melewati daerah yang sepi dan ada orang yang tidak dikenal ngajak ngobrol. Hati-hatilah karena mungkin ia adalah seorang penghipnotis. Maka dari itu jika obrolannya sangat mencurigakan kita harus berlari untuk menjauhinya ataupun pergi menuju keramaian ya.

Baiklah, itulah macam-macam modus penipuan yang saat ini sering terjadi. Berwaspadalah dan berhati-hatilah. Siapkan diri sebaik-baiknya dan berdoalah, itu sangat penting.

Terima kasih! Semoga bermanfaat ya..

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 25
Pena

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel