Mengenal Lebih Dekat Khabib Nurmagomedov

11 Oct 2018 09:11 222 Hits 0 Comments
Siapakah Khabib Nurmagomedov?

Belakangan ini, dunia sedang dihebohkan dengan pertarungan UFC antara Khabib Nurmagomedov dan juga McGregor. Pertandingan yang berlangsung pada 6 Oktober kemarin berakhir ricuh menyusul aksi kengototan Khabib yang belum ingin menyelesaikan pertandingan. Walaupun, sebenarnya sang lawan, yaitu McGregor sudah melakukan tapout atau memberikan simbol menyerah.

Tidak sampai disitu, setelah McGregor menyerah dan pergi meninggalkan arena pertandingan, Khabib tetap bersikeras untuk melanjutkan pertandingan. Lantas hal itu pun memancing rekan dari McGregor untuk menyerang Khabib.

Alih-alih kericuhan mereda, justru kericuhan pasca pertandingan semakin menjadi-jadi. Hal itu disebabkan adanya rekan setim dari Khabib yang ikut menyerang McGregor yang sedang memulihkan dirinya setelah takluk dari Khabib. Alhasil suasana di arena menjadi tidak terkendali. Hingga membuat tim kepolisian harus turun tangan dalam meredakan kericuhan.

Dalam pertandingan ini, Khabib dinyatakan sebagai pemenang. Namun, karena kericuhan tersebut bisa membuat Khabib beserta rekannya mendapatkan sanksi dari Presiden UFC. Diisinyalir, kericuhan tersebut disebabkan karena provokasi dari tim McGregor yang membawa unsur SARA dan keluarganya dengan hinaan. Hal inilah yang membuat Khabib mengamuk dalam pertandingan.

Karena aksi dari Khabib ini, membuat sosial media menjadi viral. Apalagi, jarang sekali semua orang mendengar kabar menarik dari ajang olahraga bela diri seperti UFC ini. Untuk lebih mengenal salah satu atlet beladiri UFC ini, simaklah pembahasan berikut ini.

Khabib yang memiliki nama lengkap Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov merupakan atlet beladiri UFC yang lahir di sebuah daerah bernama Slidi, beberapa kilometer dari kota Makhachkala, Rusia. Khabib lahir pada 20 September 1988, yang berarti dia baru berusia 30 tahun bulan lalu. Ia merupakan anak kedua dari 3 bersaudara. Dimana, sang kakak bernama Magomed, dan adiknya yaitu Amina.

Sejak lahir, ia dibesarkan oleh ayahnya yaitu Abdulmanap Nurmagomedov di Slidi. Sejak itulah, dia sudah diajarkan seni bela diri oleh ayahnya, yang dimana Khabib saat itu baru berusia 6 tahun. Tidak hanya itu, ayahnya bahkan menyulap lantai dasar dari rumahnya menjadi ruang olahraga untuk menunjang kehebatan Khabib sendiri.

Di tahun 2001, Khabib bersama keluarganya pindah ke daerah Makhachkala. Disana, Khabib dilatih oleh ayahnya untuk bergulat pada usia 12 tahun, hingga judo di usia 15 tahun. Sebelum dia ikut serta dalam kejuaraan seni bela diri campuran, atau lebih kita kenal dengan sebutan UFC, Khabib sering ikut dalam ajang perkelahian jalanan di daerahnya.

Awal karir dari Khabib yaitu melakukan debut di ajang kejuaraan MMA pada September 2008. Tak tanggung-tanggung, dia langsung mencetak 4 kemenangan hanya dalam 1 bulan. Itu merupakan pencapaian yang hebat, karena dia bertindak sebagai peserta debutan kala itu. Belum cukup sampai disitu, Khabib sendiri berhasil membukukan gelar juara pertamanya pada 11 Oktober tahun tersebut pada ajang Piala Atrium. Khabib mampu menjadi juara setelah menaklukan 3 penantang utamanya yang berasal dari Moskow.

Setelah tak terkalahkan dalam 11 pertandingan dari 12 pertandingan yang ia dapatkan sejak juara Piala Atrium, kejuaraan ProFC memanggilnya untuk ikut serta dalam kompetisi ini pada 2011. Khabib hanya perlu 7 pertandingan untuk mencetak kemenangan penuh melalui TKO serta sekaligus ikut dalam kejuaraan UFC pada tahun berikutnya.

Debut Khabib di ajang UFC terjadi pada 20 Januari 2012. Dimana, pada pertandingan UFC FX 1, Khabib mampu menaklukkan lawannya yaitu Kamal Shalorus setelah menyerah pada ronde ketiga. Sepanjang karirnya di ajang UFC, Khabib hampir menyelesaikan seluruh kelas yang dipertandingkan di ajang UFC. Mulai dari kelas ringan hingga kelas 219.

Sebelum berhadapan dengan McGregor, dirinya sempat bertarung menghadapi AI Iaqunita, yang menggantikan Ferguson karena mengalami cedera pada lututnya. Karena Khabib sendiri sudah memenuhi syarat untuk menjuarai kelas ringan, Khabib mampu menguasai jalannya pertandingan dan menang setelah ditentukan melalui keputusan para dewan juri.

Diluar arena UFC, Khabib dikenal sebagai pribadi yang taat ibadah. Belum lagi dengan darah keluarganya yang merupakan muslim menjadikan dirinya banyak dikagumi oleh banyak orang seperti halnya Mohamed Salah di dunia sepakbola. Khabib sudah menikah sejak Juni 2013 dan dikaruniai dua orang anak.

Secara statistik di ajang UFC, Khabib mampu memenangkan 27 pertandingan yang ia lakoni termasuk melawan McGregor lalu, dan tidak satupun mengalami kekalahan. 27 kemenangan tersebut merupakan rincian dari 8 kemenangan melalui sistem knockout, 9 kemenangan yang didapat melalui submission, dan sisanya hasil keputusan dewan juri. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa dari seorang Khabib yang dijuluki sebagai ‘The Eagle’. Apalagi usianya yang sedang dalam usia emasnya yaitu 30 tahun menjadikan dirinya sebagai salah satu atlet seni bela diri campuran terbaik saat ini.

Itulah pembahasan mengenai atlet seni bela diri campuran Khabib Nurmagomedov. Sudah tahu kan siapa dia?
Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 24
Pensil

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel