Fakta Unik Tertawa

10 Oct 2018 09:51 1356 Hits 0 Comments
Ternyata ada beberapa fakta unik dibalik tertawa, simak disini untuk mengetahuinya.

Ketika kita mendengar hal yang lucu atau menggelikan pasti kita akan tertawa, baik itu tertawa biasa maupun sampai tertawa terbahak – bahak. Dan tertawa juga bisa memperbaiki mood kita yang asalnya buruk menjadi lebih baik lagi serta membuat hati kita menjadi senang.  Bahkan para ilmuwan juga meyakini dan menemukan faktanya bahwa tertawa itu bisa membawa segudang manfaat bagi kesehatan maupun lainnya.

Ternyata ada beberapa fakta unik dibalik tertawa tersebut, berikut beberapa fakta uniknya yang dilansir dari www.hellosehat.com yaitu :

1. Sebenarnya, tertawa itu belum tentu dikarenakan ada suatu candaan atau lelucon

Ada seorang psikologi dari Universitas of MaryLand yang bernama Robert Orivin, ia menemukan suatu teori bahwa sebenarnya manusia bisa tertawa saat mereka sedang berbicara basa – basi dengan temannya, bukan dikarenakan ada lelucon yang dilontarkan. Robert juga mengatakan bahwa kita 30 kali lebih mungkin menertawakan suatu saat kita sedang bersama orang lain daripada ketika sendirian. Ia juga melakukan penelitian dengan cara mengamati berbagai percakapan orang – orang di suatu pusat pembelanjaan. Dari 1.200 tawa orang – orang di pusat pembelanjaan, ternyata hanya sekitar 10 persen tawa yang dihasilkan karena ada sesuatu lelucon. Sisanya adalah tawa dalam percakapan orang sehari – hari.

2. Suatu pasangan yang sering tertawa bersama akan lebih langgeng hubungannya

Seorang profesor psikologi dari University of California Berkeley yang bernama Robert Levinson, meneliti dan mengundang beberapa pasangan ke laboratoriumnya. Ia juga meminta masing – masing pasangan untuk mendiskusikan sesuatu yang membuat kesal tentang pasangannya. Namun hasilnya didapat bahwa pasangan yang berdiskusi sambil tertawa, pasangan itu juga merasakan tingkat kepuasan lebih tinggi dalam hubungan asmaranya dan menjalin hubungan yang lebih langgeng.

3. Tertawa juga bisa menular

Ketika kita melihat orang yang tertawa, terkadang kita juga merasa tidak bisa menahan untuk ikut tertawa atau senyum. Sophie Scott, seorang pakar saraf dari University College London menemukan fakta bahwa ketika orang ada orang yang tertawa, bagian otak kita yang disebut korteks premotor secara otomatis akan menggerakkan otot pada bagian wajah, persis seperti orang tertawa.

4. Tertawa bisa membakar kalori tubuh

Ada penelitian yang mengatakan tertawa selama 10 – 15 menit, 40 kalori dari tubuh kita bisa terbakar. Menurut sebuah studi dari Vanderbilt University, saat tertawa akan terjadi peningkatan denyut jantung dan penggunaan oksigen yang lebih besar. Segala reaksi fisik ini tentu membutuhkan energi, sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak daripada ketika kita sedang diam saja.

5. Tertawa bisa menyehatkan tubuh

Sebuah penelitian dari Loma Linda University yang menunjukkan bahwa tertawa bisa meningkatkan daya ingat orang dewasa pada usia 60 dan 70 an. Dan ada juga penelitian dari University of Maryland School of Medicine menemukan bahwa menonton suatu film yang lucu bisa memperbaiki fungsi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke otak.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel