5 Minyak Ampuh atasi Sembelit

9 Oct 2018 07:33 453 Hits 0 Comments
Tips Kesehatan Keluarga

Sembelit dapat diobati dengan berbagai cara. Salah satu cara mengatasi sembelit yang bisa Anda coba ialah dengan menggunakan minyak esensial. Berikut berbagai jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi sembelit.

1. Minyak jahe

Minyak jahe biasanya banyak digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem pencernaan dan mengurangi mual. Ternyata, minyak yang satu ini juga dapat membantu mengobati sembelit. Pasalnya, minyak jahe dapat merangsang sistem pencernaan dengan meningkatkan pergerakan lambung dan juga usus.

Cara mengatasi sembelit dengan minyak jahe bisa dilakukan dengan mencampurkan 3 hingga 5 tetes minyak dengan 30 ml minyak pembawanya seperti minyak kelapa atau minyak biji anggur. Kemudian, ambil campuran minyak ini lalu pijatkan ke perut. Ulangi sebanyak dua hingga tiga kali sesuai kebutuhan.

Selain itu, Anda juga bisa meneteskan dua tetes minyak jahe ke dalam handuk yang direndam dalam sebaskom air panas. Kemudian, taruh handuk hangat ke atas perut Anda sampai handuk terasa dingin. Selanjutnya, angkat handuk dan pijat perut dengan gerakan searah jarum jam selama 2 hingga 3 menit.

2. Minyak peppermint

Minyak peppermint mengandung menthol yang memberikan efek dingin pada tubuh. Selain itu, minyak peppermint mengandung sifat antikejang yang dapat mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan. Dengan begitu, usus menjadi lebih kendur dan membantu meringankan sembelit. Selain itu, minyak peppermint juga sering digunakan pada kasus sembelit yang disebabkan oleh irritable bowel syndrome (IBS).

Untuk meredakan sembelit ringan, Anda bisa mencampurkan setetes minyak peppermint dengan 3 hingga 4 tetes minyak pembawanya seperti minyak kelapa. Kemudian, oleskan campuran minyak langsung ke perut dan pijat dengan gerakan melingkar.

Selain itu, Anda juga bisa menghirup aromanya baik melalui diffuser atau secara langsung. Pijatan membantu meningkatkan gerakan usus, sedangkan menghirup aromanya membantu mengendurkan otot pencernaan.

3. Minyak lavender

Minyak lavender banyak digunakan untuk membantu proses relaksasi dan ketenangan. Minyak yang satu ini membantu mendorong proses relaksasi tubuh termasuk usus. Sama seperti minyak esensial lainnya, campurkan minyak lavender dengan minyak pembawa kemudian oleskan ke perut dan pijat secara perlahan.

4. Minyak chamomile

Minyak chamomile membantu meningkatkan gerakan usus sehingga bisa mendorong feses keluar dan meredakan perut kembung. Biasanya, minyak chamomile banyak dikombinasikan dengan minyak lavender untuk membantu mengendurkan otot-otot di area perut.

Cara pakainya sama, encerkan minyak chamomile dengan minyak kelapa kemudian oleskan ke perut. Pijat area perut dengan gerakan searah jarum jam dan ulangi sebanyak tiga kali sehari.

5. Minyak fennel (adas)

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di BioMed Research International, minyak adas dapat membantu meringankan berbagai masalah pencernaan termasuk sembelit. Pasalnya, senyawa di dalam biji adas termasuk bahan yang berguna sebagai obat pencahar.

Minyak adas dapat membantu pergerakan usus jika oleskan langsung ke perut yang disertai dengan pijatan. Selain itu, minyak yang satu ini juga sangat bagus jika dihirup melalui diffuser. Oleh karena itu, sembari memijat perut dengan gerakan searah jarum jam Anda juga bisa sambil menghirup minyak yang telah dimasukkan ke dalam diffuser.

Tags

About The Author

Mas Choy 16
Pensil

Mas Choy

Info Terbaru 2019

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Mas Choy