Mengenal Method Construct di CI

7 Oct 2018 00:50 2215 Hits 0 Comments
Method ini lumayan ajaib lohh, seberapa ajaibkah? Yuk simak ulasannya . .

            Haii kawan Plimbi! Salam ngoding ya bagi temen-temen yang suka ngoding, dan salam biasa aja pastinya bagi temen-temen yang biasa-biasa aja .Haha, apa kabar hari ini?? Semoga baik selalu ya, sehat dan pastinya kita harus selalu bersemangat Okay! Karena semangat adalah motivasi besar kita yang mampu membuat kita melakukan sesuatu yang sangat ajaib . Yap, seperti halnya yang akan kita bahas, yang mungkin menurut saya ini adalah method ajaib .

            Baiklah, pada kesempatan kali ini saya akan coba untuk memperkenalkan kepada kawankuh semua salah satu method yang terdapat dalam sebuah Class pada Constructor, Helper atau mungkin saja ada di Library juga . Nah, method ini dinamakan constructor . Seberapa ajaibnya method tersebut??

            Jadi sebenarnya method Constructor ini selalu ada pada setiap bahasa pemrograman yang berbasis OOP atau Object Oriented Programming, yang dimana karena Framework CodeIgniter ini juga telah mendukung dan berbasis OOP pastinya dong Framework ini punya method Constructor .

            Apa itu method Constructor?

            Yap, jadi method Constructor ini merupakan sebuah metode dimana ia akan berjalan secara otomatis pada saat sebuah perintah class sudah dibuat . Jadi ketika kita menyelipkan sebuah fungsi Construct ini dalam sebuah class misalnya dalam Class Controller, maka si fungsi construct itu akan secara otomatis berjalan .

            Pastinya tak hanya mampu berjalan secara otomatis dong . . Karena fungsi ini cukup ajaib, jadi kita bisa menginisialisasikan sebuah library, helper, form, url dan lain sebagainya . Yang nantinya bisa diakses melalui controller . Mengapa disebut ajaib? Karena ketika kita sudah mendefinisikan metode Construct tersebut dan menginisialisasi library, helper dan lain sebagainya, maka tugas controller hanyalah melakukan perintah logikanya saja, jadi di controller itu ga tulis lagi untuk inisialisasi berulang-ulang .

            Pastinya dong hal ini sangat membantu, daripada kita menginisialisasi terus setiap fungsi dan method yang nantinya akan membuat baris program menjadi lebih panjang ya mending pakai method Construct aja ya? Kita sudah menginisialisasikan sekali dan nantinya bisa diambil oleh seluruh fungsi pada Controller tersebut .  

            Maka dari itu, jika kawankuh sering melihat orang lain membuat baris programnya menambahkan fungsi constructor didalamnya, nah itulah fungsinya, bisa untuk menginisialisasi apa saja didalamnya dan dapat diambil oleh fungsi apa saja dalam suatu Class .

            Jadi tunggu apalagi, kita harus belajar penggunaannya dong, kalau ngga, ya kita akan terus terpaku dalam bahasa pemrograman yang masih menghamburkan baris program yang kurang terpakai . Bermanfaat? Yap pastinya bermanfaat kawankuh!!

            Baiklah, sekian dulu ya! Terima kasih, Stay tune terus info menarik CodeIgniter disini ya !!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel