Udah tahu belum cara praktis bikin calendar di CodeIgniter?

5 Oct 2018 22:04 976 Hits 0 Comments
 mau tau? Yuk simak ulasannya disini!

Hai sahabat Plimbi!! Apa kabar hari ini? Semoga baik selalu ya, pastinya dong kita harus tetap bersemangat ya . Karena kalau ngga semangat yakin deh baca artikel ini pun males, haha . . Semoga ngga ya! Karena pada kesempatan kali ini saya akan coba belajar bareng sahabat semua tentang apa aja yang ada di Framework CodeIgniter . Yap, karena mungkin jika saya bahas seluruhnya akan sangat panjang, lebih baik saya coba jelaskan sebagian ya, salah satu diantaranya yang akan kita bahas saat ini yaitu fitur Calendar .

            Mungkin bagi sebagian website menginginkan sebuah fitur yang lebih spesifik dan diantaranya menerapkan fitur Calendar didalamnya . Yang tak lain dan tak bukan pastinya fungsinya bisa sebagai pengingat waktu orang-orang yang sedang mengakses website tersebut . Lebih dari itu fitur calendar sangat bermanfaat bagi website yang bertemakan pendidikan atau website tentang sekolahan, yap karena bisa dijadikan sebagai reminder siswa baik itu dalam pengerjaan tugas, deadline dan lain sebagainya .

            Nah, ketika kita membuat fitur calendar ini, apakah masih manual dari awal untuk membuatnya?? Males banget kan kalau dari  awal? Jangan down yaa, cobalah untuk beralih ke CodeIgniter, karena dalam  CodeIgniter sudah disediakan lohhh logika dan perintah baris program untuk menjalankan sebuah Calendar . Haha, kuy kuy beralih ke CI manteman .

            Yap, Framework CodeIgniter telah menyediakan sebuah library yang bernama Calendar atau biasa disebut dengan Calendaring Class . Dimana dalam library tersebut sudah terdapat banyak sekali class dan fungsi-fungsi didalamnya dalam mengolah proses aktivitas dalam pembuatan Calendar tersebut .

            Jadi, penggunaannya sangat mudah dong pastinya . Karena Calendar di CI berbasis Library psatinya kita tinggal akses saja di Controller dalam Project CI nya yaa .  Calendaring Class ini dapat memungkinkan kita untuk menciptakan sebuah kalendar yang dinamis . Dimana maksud dari dinamis ini, kita bisa memformatnya melalui template Calendar tersebut .

            Bagaimana cara menggunakan Calendar ini? Karena Calendar di CI berbasis Library, yap jadi cara pengaksesannya sama seperti mengakses library lainnya . Kita tinggal menginisialisasi saja di controller menggunakan baris perintah seperti ini : $this->load->library(‘calendar’); setelah calendar di inisialisasi kita bisa memformatnya menjadi sedemikian rupa calendar yang akan kita desain kembali .

            Dalam library tersebut kita bisa mengubah template calendar, waktu lokal, dari hari apakah calendar tersebut dimulai sampai kita bisa menemukan tanggal bulan bahkan tahun secara lebih spesifik . Dan pastinya karena library Calendar ini bersifaat dinamis, kita bisa coba untuk membuat fitur next previous layaknya kebanyakan calndar yang telah dibuat .

Yap seperti itulah library calendar yang sudah disediakan framework CI. Sekian dulu, terima kasih!

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel