Mudahnya insatalasi CodeIgniter

28 Sep 2018 21:34 1120 Hits 0 Comments
Ingin Coba CI? Yu install sekarang! Sangat mudah pastinya!

            Hai Sahabat Plimbi! Kembali lagi nih.. Apa kabar hari ini? Semoga baik selalu ya. Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas tutorial yang super duper mudah pastinya. Yaitu tentang bagaimana cara instalasi Framework CodeIgniter pada PC kalian. Sebelumnya, ada yang pernah menggunakan CodeIgniter? Ataukah belum sama sekali dan masih awam tentang CodeIgniter? Kita sama-sama belajar saja ya.

            Baiklah, tutorial kali ini mudah sekali ko, jadi tenang saja ya jangan sampai kebingungan okay! Simak tutorial dibawah ini ya :

  • Hal yang harus dipersiapkan sekarang yaitu :
  • Server XAMPP

Server ini harus disiapkan terlebih dahulu agar proses intstalasi bisa lebih baik ya. Karena XAMPP ini digunakan sebagai penyimpanan database di mySQL, Bahasa pemrograman PHP dan Apache sebagai media dasar dari CodeIgniter yang merupakan Framework PHP.

  • Text Editor

Pastinya ketika seorang programmer mulai menulis kode program harus menggunakan text Editor ya. Untuk itu persiapkan text editor terlebih dahulu agar proses instalasi CodeIgniter lebih mudah dan rekomendasi Text Editor menurut saya adalah Atom atau Bracket. Silahkan pilih saja, itu opsional yaa.

  • Internet

Sangat pasti lah ketika kita akan memulai installasi CodeIgniter harus menggunakan internet untuk tersambung pada website resmi CodeIgniter dan untuk mendownload Folder nya. Maka dari itu siapkanlah internet dengan koneksi yang cukup baik agar tidak terjadi gagal instal tentunya. Tenang saja, tidak akan menghabiskan puluhan MegaByte hanya menghabiskan 2 sampai 2 MegaByte saja.

            Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik langkah selanjutnya untuk menginstall CodeIgniter yaitu, menuju halaman website resmi CodeIgniter nya ya. Bisa langsung juga didownload di link berikut ini => codeIgniterV3.19. Saya menggunakan Versi 3 ya, tidak tahu nanti apakah ada sudah update lagi atau belum. Baiklah selanjutnya yaitu :

  • Installasi CodeIgniter

Nah seperti langkah yang telah disebutkan sebelumnya. Install terlebih dahulu CodeIgniter nya. Biasanya dalam betuk zip dengan ukuran yang kurang lebih 2 sampai 3 MegaByte.

  • Unzip ya

Setelah proses installasi selesai maka langsung saja unzip folder tersebut dan pindahkan pada pada folder server di komputer anda ya. Biasanya ada di directori C:\xampp\htdocs. Tempatkanlah folder CodeIgniter nya dalam folder tersebut.

  • Akses di localhost

Setelah proses pemindahan folder selesai maka langkah selanjutnya kita harus mengakses di localhost nya yaa. Jangan lupa untuk start terlebih dahulu Xampp yang telah diinstall sebelumnya, dibagian Appache dan MySql klik start.

  • Cek tampilannya

Setelah proses akses terhadap CodeIgniter selesai maka lihatlah tampilan dari CodeIgniter. Biasanya tampilan defaultnya itu ada tulisan Welcome to CodeIgniter!. Nah setelah kalian menemukan tampilan tersebut itu bisa diubah dengan mencari folder CodeIgniter/application/views/welcome_message.php dan isilah kode program sesuai kebutuhan disana.

Selesailah proses installasi CodeIgniter!

Mudah Sekali bukan?

Sekian dulu! Terima Kasih! Semoga Bermanfaat! Tunggu tutorial CodeIgniter selanjutnya ya! Stay Tune..

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 37
Ordinary

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel