5 Tips Jaga Kesehatan Mata

26 Sep 2018 19:17 1875 Hits 0 Comments
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mata tetap aman saat kalian menonton drama kesayangan atau bermain gim favorit.

Terlalu lama menatap layar bakal membuat mata terasa lelah. Kondisi itu berujung pada mata yang kering.
Mata kering terjadi ketika mata tak menghasilkan air. Hal itu bisa berdampak pada beberapa hal, mulai dari rasa perih hingga penglihatan kabur. Jika tak diatas, kondisi itu bisa menyebabkan peradangan di bagian kornea. 

Memang, menatap layar dalam waktu lama tak bisa dilepaskan di jaman sekarang ini. Segala yang diperlukan bisa dilihat dalam layar. Namun, bukan berarti hal itu harus membuat kalian merugi akibat mata yang kering.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mata tetap aman saat kalian menonton drama kesayangan atau bermain gim favorit.

1.Perhatikan jarak

Ada rumus yang perlu diperhatikan saat memelototi layar tv. Rumus itu digunakan untuk menghitung jarak ideal dengan layar. 

Seseorang perlu mengambil jarak lima kali diagonal tv. Misalnya, jika tv kalian berukuran 20 inci, maka jarak ideal antara mata dan layar adalah 2,54 meter.

Sementara jarak menonton tv kudu menggunakan rumus-rumus tertentu, tidak dengan layar komputer. kalian bisa mengukur jarak ideal antara mata dan layar komputer sebanyak 25-30 sentimeter.

2. Beri Jeda

Tontonan yang mengasyikkan atau gim yang menyenangkan akan membuat mata lelah. Apalagi jika jarak antara mata dengan layar sangat dekat. Hal itu akan membuat otot-otot mata harus bekerja keras demi menampilkan objek dengan jelas.


Jika sudah begitu, perlu adanya jeda istirahat di tengah aktivitas depan layar kalian. "Beri jeda setelah 1-2 jam menatap layar. Lihat objek yang jauh agar otot-otot mata berelaksasi,"

3.Nutrisi Seimbang Untuk Mata

Apa nutrisi terbaik buat mata? Pertanyaan ini kerap muncul saat bicara soal kesehatan mata. Umumnya, jawaban yang muncul adalah vitamin A. Namun, kini orang juga meyakini bahwa vitamin C turut andil besar menjaga kesehatan mata. Lalu, mana yang benar? 


Informasi seputar keampuhan vitamin A untuk mata, kata dia, beredar berkat penyakit trakoma yang sempat booming. Trakoma merupakan radang pada konjungtiva mata. Asupan vitamin A yang cukup berkontribusi mencegah penyakit ini.

4.Jaga Asupan Air

Air memiliki peranan penting bagi fungsi organ tubuh, termasuk mata. Asupan air yang cukup untuk tubuh akan membantu selaput lendir mata tetap lembap, sehingga mencegah kondisi mata kering. 

5.Berkediplah Lebih Sering

Berkedip tak sekadar menghalau kotoran atau debu yang masuk ke mata, tapi juga untuk menjaga mata tetap sehat saat sedang menatap layar.

Berkedip membuat kornea terus dialiri air mata, sehingga sel kornea ternutrisi dan melindunginya dari lingkungan luar.

Selain itu, berkedip juga dapat menyebarkan air pada seluruh permukaan mata, sehingga cahaya yang masuk dapat diteruskan tanpa mengalami gangguan.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel