Jajanan Khas Bandung Yang Mulai Tergeser Oleh Oleh Kekinian

21 Sep 2018 22:33 1024 Hits 0 Comments
Jajanan jajanan ini mulai tersingkirkan dengan oleh oleh kekinian

1.Colenak
Colenak adalah singkatan dari dicocol enak  Makanan khas Bandung satu ini terbuat dari peuyeum (tape) yang dibakar dengan saus yang tebuat dari kelapa parut dan gula merah. Makanan khas Kota Kembang ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan legendaris. Tapi, enggak semua orang di daerah lain yang bisa mencicipi makanan satu ini. Selain sudah jarang yang menjual, Colenak mungkin terlupakan dengan makanan baru zaman modern ini

2.Surabi

Surabi ini roti legendarisnya Jawa Barat dari masa silam. Surabi terbuat dari tepung beras yang kemudian dibakar di atas tungku payung, kemudian setelah matang ditambah atau dituangkan kuah cair manis yang terbuat dari gula merah. Beda halnya dengan colenak, surabi telah dimodifikasi jadi beberapa rasa kekinian. Namun, ane akuin gak ada yang seenak rasa originalnya.

3.Awug

Awug ini mirip Dongkal kalau di Betawi. Walaupun termasuk katagori camilan. Awug bisa bikin perut kenyang karena terbuat dari tepung beras, parutan kelapa dan gula merah. Kalau orang sunda biasa menikmati awug ini dengan teh hangat tanpa gula. ajib deh pokoknya rasa awug.

4.Kue Balok

Kue balok adalah salah satu hidangan tradisional khas Jawa Barat yang sampai sekarang masih eksis di dunia kuliner Indonesia Kue berbentuk balok dengan tekstur yang padat dan rasanya yang manis ini sangat cocok untuk dinikmati kapanpun. Tapi biasanya banyak penjual kue balok yang menyuguhkan hidangannya pada pagi hari sebagai menu sarapan atau pada malam hari sebagai menu camilan. Biasanya kue balok enak dihidangkan dengan minuman yang bisa menghangatkan tubuh.

5.Bandros
Bandros merupakan satu di antara penganan kue tradisional khas Sunda yang mulai terlupakan. Tukangnya sulit banget di cari sekarang  Kue tradisional ini terbuat dari campuran tepung beras, kelapa parut dan santan. Kue ini biasanya dihidangkan dengan taburan gula pasir. Bentuk kue ini mirip dengan kue pukis karena memang di cetak pada cetakan yang serupa. Yakni, cetakan yang berbentuk setengah lingkaran dan berjejer cukup banyak. Kue bandros biasanya disajikan bersamaan dengan teh manis atau kopi. Ada beberapa jenis bandros yang dikenal di tanah Pasundan. Ada yang disebut dengan bandros asin dan juga bandros manis.

6. Gemblong

Makanan khas tradisional sunda ini tebuat dari ketan yang di lumuri gula merah cair dan di tunggu hingga mengeras. rasanya gurih dan manis biasanya sangat nikmat kalo di nikmati dengan segelas teh panas. Saat ini lumayan susah cari gemblong.

Tags

About The Author

ilham13 32
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel