Baru Tahu! Kubah Masjid Terbesar di Dunia ada di Indonesia Lho...

19 Sep 2018 11:28 576 Hits 2 Comments
Siapa sangka kubah masjid yang terbesar di dunia ada di negara kita indonesia. Ya Masjid Raya Al-Azhom, masjid yang ada di kota tangerang menjadi satu - satunya masjid yang memunyai kubah terbesar di seluruh dunia.

Siapa sangka kubah masjid yang terbesar di dunia ada di negara kita indonesia. Ya Masjid Raya Al-Azhom, masjid yang ada di kota tangerang menjadi satu - satunya masjid yang mempunyai kubah terbesar di seluruh dunia.

Masjid ini tidak jauh dari pusat pemerintahan Kota Tangerang, tepatnya di depan Kantor DPRD dan Kantor Wali Kota Tangerang. Di samping masjid adalah kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangerang. Dilihat dari lokasi masjidnya memang sangat strategis, sehingga tidak mengherankan jika masjid ini menjadi salah satu ikon kota tangerang.

Perlu di ketahui bahwa Masjid Raya al-Azhom Kota Tangerang ini memiliki luas bangunan 5.775 meter persegi dan dibangun di atas lahan seluas 2,25 hektare (ha). Bangunan masjid ini terdiri atas lantai bawah seluas 4.845,08 meter persegi dan lantai atas seluas 909,92 meter persegi. Kata Takmir masjidnya, masjid raya al azhom ini mampu menampung kurang lebih 15.000 orang.

Masjid  yang diresmikan pada  28 Februari 2003 ini memiliki keunikan  tersendiri. Dari lima kubah  yang ada, empat  di antaranya bertuliskan ayat-ayat  Alquran. Walaupun kubah utama  belum diisi oleh kaligrafi,  tapi hal itu tetap membuat  siapa pun yang datang  ke sana bakal merasakan kemegahan  di dalam masjid ini.

Kubah utama  masjid ini disangga empat kubah  lainnya. Warna biru dan hijau  muda mendominasi  warna kubah. Tumpukan kubah  tersebut memiliki diameter  kurang lebih 63 meter.

Masjid ini semakin cantik  dengan empat menara setinggi kurang  lebih 50 meter di tiap sudut. Di  atas menara terdapat lampu pijar  warna merah dan hijau. Bila malam  hari, menara tersebut tampak hijau menyala.

Halaman masjid  tertata rapi. Di setiap sudut lahan parkir  yang mengelilingi masjid berjejer  tong sampah. Deretan pepohonan  di halaman parkir membuat lingkungan masjid  semakin rindang.

Kubah masjid terbesar didunia  ini dibangun oleh kontraktor  kubah masjid yang profesional, kubah masjid terbesar di dunia in i juga menggunakan bahan kubah masjid  terbaik dan ringan, kubah masjid terbesar ini juga menggunakan  lapisan pewarnaan kubah  terbaik, sehingga  kubahnya terlihat menawan  dan memiliki ketajaman warna  yang luar biasa.

Dari dalam masjid, pengunjung  akan melihat lima kubah yang  berwarna emas dan masing-masing  kubah memiliki hiasan  kaligrafi di dalamnya.  Kelima kubah  tersebut mencerminkan  kewajiban shalat lima waktu. Keempat tiang menara  mencerminkan empat tiang ilmu, yaitu ilmu  bahasa Arab, syariah, sejarah,  dan filsafat.

Sedangkan,  tiga bagian  tinggi menara mencerminkan iman,  Islam, dan ikhsan. Tinggi badan  menaranya mencapai 30 meter yang  mencerminkan 30 juz Alquran. Sementara tinggi kuncup  menaranya mencapai enam meter  yang mencerminkan  enam rukun iman.

Masjid ini dilengkapi dengan sejumlah ruang pendukung di antaranya ruang rapat pengurus, kantor, ruang perlengkapan, dan lainnya.

Sumber: contractorkubahmasjid.com

Tags

About The Author

pratama putra 10
Pensil

pratama putra

just do it

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel