Bagaimana pola hidup sehat itu?

16 Sep 2018 10:54 1079 Hits 0 Comments
Banyak orang yang menyarankan agar tetap sehat. Ya terapkan pola hidup sehat. Namun seperti apakah pola hidup sehat itu?

            Hai kawan Plimbi! Kembali lagi nih, di bagian artikel kali ini saya akan mencoba mengulas tentang apasih dan bagaimana pola hidup sehat diterapkan. Sudah pasti kan, agar tubuh tetap sehat ya kita harus menerapkan pola hidup sehat, begitu mungkin saran dari orang-orang di sekitar kita. Namun, apakah kalian mengetahui tentang tata cara hidup sehat itu sendiri? Agar tidak salah mengimplementasikannya dalam kegiatan kita sehari-hari, yu simak beberapa pola hidup sehat yang sebaiknya harus kita terapkan!

            Pola dan gaya hidup sehat itu sendiri tentunya sangat dipengaruhi terhadap aktivitas, asupan makanan dan bagaimana pola istirahat kita dilakukan. Mungkin definisi ini masih sangat abstrak untuk dimengerti, oleh karena itu simak beberapa langkah yang patut kita coba untuk mengadaptasikannya dalam aktivitas kita :

  1. Berolahraga secara rutin

Seperti yang telah disinggung diatas, bahwa gaya hidup sehat itu dipengaruhi dari aktivitas kita sehari-hari, nah agar kesehatan kita tetap terjaga kita harus mencoba melakukan olahraga secara rutin dan konsisten. Ketika kita hendak konsisten dalam berolahraga maka manfaat yang didapat yaitu mampu menurunkan lemak, mengurangi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan tulang-tulang, membesarkan otot dan pastinya akan membuat tubuh kita segar bugar. Bagi sebagian orang yang cukup sibuk mungkin bisa berolahraga lewat aktivitas dalam kehidupan sehari-hari, misalnya menyapu, mengepel atau jika ingin pergi kesuatu tempat lakukanlah dengan berjalan. Hal itupun merupakan sebuah olahraga tentunya.

  1. Terapkan pola makan yang baik

Pola makan yang baik pastinya akan membawa kita kepada kehidupan yang sehat. Karena kesehatan juga tentunya dipengaruhi oleh beberapa asupan yang kita makan sehari-harinya. Sangat disarankan untuk memasukan sayuran dan buah-buahan dalam porsi makan yang kita makan sehari-hari, lalu kita harus dapat meminum banyak cairan setidaknya 1,5 liter dalam sehari atau kalau bisa lebih dari 1,5 liter jika kondisi fisik sangat panas. Cobalah untuk tidak membiasakan untuk memakan makanan yang banyak mengandung banyak pengawet, makanan cepat saji atau makanan junk food. Juga aturlah waktu makan yang kita biasakan sehari-hari, jangan asal-asalan.

  1. Istirahat secara teratur dan cukup

Istirahat merupakan hal yang paling penting dalam mengimplementasikan gaya hidup sehat. Karena hidup sehat akan tercipta dengan pola tidur atau pola istirahat kita yang teratur dan cukup. Janganlah untuk menerapkan pola tidur yang berantakan, jangan mencoba untuk melupakan istirahat dalam setiap kegiatan yang kita lakukan. Sebab hal ini akan berisiko terhadap konsentrasi kita yang berakibat akan berkurangnya konsentrasi. Ketika kita hendak bekerja, cobalah untuk beristirahat disiang hari selama 15 – 20 menit dan menerapkan pola tidur selama 6 – 7 jam dalam sehari.

Nah, seperti itulah pola hidup sehat. Semoga kita bisa mengimplementasikannya dalam kegiatan sehari-hari dan semoga kita tetap sehat selalu ya! Sekian & Terima Kasih!

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 25
Pena

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel