5 Cara Tetap Produktif Walaupun Kurang Tidur

12 Sep 2018 21:48 307 Hits 0 Comments
Idealnya orang dewasa tidur 7-8 jam setiap malam. Namun, beberapa aktivitas di hari weekend atau perjalanan dari luar kota terkadang membuat seseorang kurang tidur.

Kebutuhan akan tidur setara dengan pentingnya kebutuhan manusia akan makan dan bernapas. Kurang tidur jika dibiasakan dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Idealnya orang dewasa tidur 7-8 jam setiap malam. Namun, beberapa aktivitas di hari weekend atau perjalanan dari luar kota terkadang membuat seseorang kurang tidur.

Ketika masih kurang tidur tapi sudah harus beraktivitas menyebalkan bukan?  Di artikel ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar tetap produktif walaupun kurang tidur.

1. Beraktivitas sebentar di bawah sinar matahari

Beraktivitas sebentar di bawah sinar matahari pagi membuat otak bahwa sudah pagi dan seharusnya terjaga. Kehadiran cahaya matahari memicu jam internal tubuh menghentikan produksi melatonin yang membuat mengantuk dan akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

2. Banyak menggerakkan tubuh

Mungkin hal ini terdengar berlawanan dengan tubuh yang sedang merasa lemas karena kurang tidur. Namun, ketika ada kesempatan pergunakan untuk banyak bergerak. Misalnya saat ke kantor pilih naik dari tangga daripada lift. Lalu, saat makan siang sebaiknya tidak di meja kerja.

Dengan banyak bergerak akan memompa laju pernapasan. Hal ini membuat pasokan oksigen lebih optimal mengalir ke seluruh tubuh. 

3. Minum banyak air putih

Minum lebih banyak air putih dari hari biasa. Minum banyak air putih memang tidak akan membuat energi bertambah, tapi mencegah dari dehidrasi yang jika terjadi bisa membuat suasana hati kacau, emosi tak terkontrol dan kurang fokus.

4. Sempatkan tidur siang

Jika memungkinkan sempatkan tidur siang. Orang yang tidur siang bukan berarti orang yang malas. Banyak studi yang menyatakan manfaat dari tidur siang selama 20 menit.

Sara C. Maednick, seorang ahli tidur dan penulis Take a Nap! Change Your Life, mengatakan manfaat luar biasa untuk tubuh yang lebih sehat bisa didapatkan dari tidur siang selama 15 sampai 20 menit. Waktu ini menjadi paling ideal untuk tubuh mengisi energi. Juga bermanfaat dalam meningkatkan memori serta meredam stres.

5. Jangan multitasking

Saat semalam kurang tidur, sebaiknya hari ini Anda tidak multitasking alias mengerjakan banyak pekerjaan dalam satu waktu. Ketika kurang tidur, memori otak bekerja lebih sedikit dan lebih lambat pulih jika terjadi gangguan. Maka, agar hari ini berjalan lancar, cukup kerjakan satu tugas dalam satu waktu.

Ketika itu semua sudah dilakukan, nanti malam cobalah untuk kembali tidur dengan normal. Sehingga esok hari bisa menjalani hari dengan lebih baik dan segar dengan begitu kalian bias lebih efektif.

Tags

About The Author

ilham13 27
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel