Mengenal Lebih Dekat Mengenai The Best FIFA Football Awards

9 Sep 2018 12:49 101 Hits 0 Comments
Apa sih penghargaan The Best FIFA Football Awards ini?

Dalam waktu kurang lebih 2 minggu lagi, FIFA akan mengumumkan pemenang gelar The Best FIFA Football Awards, atau dikenal sebagai penghargaan pesepakbola pria terbaik di dunia. Penghargaan ini sendiri akan diumumkan pada tanggal 24 September nanti. FIFA sendiri telah mengumumkan bakal calon peraih gelar pemain terbaik dari FIFA ini.

Para kandidat tersebut yaitu Cristiano Ronaldo, Luka Modric, dan Mohamed Salah. 3 pemain tersebut kembali akan memperebutkan gelar sebagai yang terbaik setelah mereka sama-sama berebut gelar sebagai pemain terbaik UEFA pada UEFA Football Awards. Namun, yang akan dibahas kali ini bukanlah para kandidat tersebut, melainkan event penghargaan yang diadakan FIFA ini. Apa sih penghargaan The Best FIFA Football Awards ini?Berikut pembahsannya.

Penghargaan The Best FIFA Football Awards merupakan penghargaan yang diadakan FIFA sejak tahun 2016 lalu. Penghargaan ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu penghargaan khusus pria dan wanita, dan dari kedua bagian penghargaan tersebut, kembali dibagi menjadi penghargaan bagi seorang kiper terbaik.

Selain penghargaan bagi pemain terbaik pria maupun wanita, ada juga penghargaan bagi pelatih terbaik. Kategori ini juga dibagi menjadi pelatih pria dan wanita. Lalu, ada penghargaan suporter terbaik, gol terbaik, dan juga tim terbaik dalam satu tahun terakhir.

Untuk pemain terbaik pria, Cristiano Ronaldo berhasil menyabet gelar ini pada 2016 dan 2017 lalu. Itu artinya, Ronaldo berhasil menyabet gelar pesepakbola pria terbaik FIFA sejak awal penghargaan ini dimulai. Lalu, ada penghargaan pesepakbola wanita terbaik yang berhasil diraih oleh Lieke Martens pada tahun lalu.

Untuk posisi kiper, nama kiper legenda Juventus, Gianluigi Buffon menjadi pemenang pertama setelah penghargaan ini dimulai sejak tahun lalu. Kemudian ada penghargaan pelatih terbaik yang diraih oleh Zinedine Zidane pada 2017 lalu setelah membawa Real Madrid menjadi juara Liga Champions pada tahun yang sama.

Lalu, apa perbedaan antara The Best FIFA Football Awards dengan Ballon D'Or?

Sejatinya, Ballon D'Or sendiri sempat bekerja sama dengan FIFA sejak 2010 lalu, sehingga nama penghargaan tersebut berubah menjadi FIFA Ballon D'Or. Namun, pada 2015 lalu, FIFA memutus kontrak mereka dengan Ballon D'Or sehingga FIFA akhirnya menggelar penghargaan The Best FIFA Football Awards ini.

Ballon D'Or sendiri sebelumnya merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemain Eropa yang tampil apik di Eropa. Namun, mulai tahun 1995, format penghargaan ini berubah sehingga pemain dari benua manapun yang tampil apik bersama klub Eropa. Hasilnya, nama George Weah berhasil menjadi pemain benua Afrika pertama dan satu-satunya yang meraih Ballon D'Or hingga sekarang.

Yang menjadi perbedaan lainnya adalah Ballon D'Or hanyalah penghargaan bagi pemain pria yang tampil apik di Eropa. Sementara itu, The Best FIFA Football Awards sendiri adalah penghargaan untuk seluruh pemain di dunia. Selain itu, penghargaan FIFA Football Awards sendiri dibagi menjadi beberapa kategori.

Selain format penghargaan, cara pemilihan pemain terbaik pula berbeda. Penghargaan Ballon D'Or dipilih oleh para jurnalis sepakbola di Eropa. Sementara, The Best FIFA Football Awards dipilih oleh para kapten dan pelatih tim nasional, lalu para jurnalis yang terpilih, dan melalui polling online dari para fans sepakbola di website FIFA.

Itulah pembahasan saya mengenai FIFA Football Awards. Siapakah yang akan memenangkan penghargaan tersebut?Patut kita tunggu tanggal 24 September mendatang.

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 20
Pensil

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel