Fadhilah Bersedekah

8 Sep 2018 19:09 153 Hits 0 Comments
Rajin-rajinlah bersedekah dan ketahui beberapa fadhilah yang akan didapatkannya.

            Assalamualaikum sahabat Plimbi! Apa kabar hari ini? Baik selalu ya pastinya. Dibagian artikel kali ini saya akan coba untuk sharing beberapa fadhilah yang akan kita dapatkan ketika kita bersedekah. Sudahkah ada yang tahu dari kalian?

            Terkadang bersedekah merupakan hal yang gampang-gampang sulit. Mengapa demikian? Sebab dari sisi gampangnya kita hanya menyisihkan sebagian dari uang yang ada dalam dompet untuk diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan, dan sulitnya terkadang uang yang ada dalam dompet itupun tentu sangat kita butuhkan. Jadi labil kan? Hahaha, tenang saja dengan kita mengetahui beberapa fadhilah tentang bersedekah, pastinya kita akan lebih dan sangat giat untuk bersedekah. 

            Lalu apa saja fadhilah yang akan didapat ketika kita rajin bersedekah. Simak beberapa fadhilahnya berikut ini :

  1. Rajin bersedekah mampu menghapus dosa

Hal ini didasari dari hadits berikut.

Rasulullah SAW bersabda : “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api”. (Hadits Riwayat Tirmidzi).

Nah, oleh karena itu rajin-rajinlah bersedekah. Karena manusia sudah pastinya tidak luput dari dosa. Maka dari itu ketika kita bersedekah, inshaAllah akan membuat dosa kita gugur seketika ketika kita bersedekah dengan ikhlas.

  1. Rajin bersedekah pastinya akan membuat harta menjadi berkah

Hal ini didasari hadits berikut.

Rasulullah SAW bersabda : “Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya” (Hadits Riwayat Muslim).

Lalu untuk apa kita menunda-nunda sedekah kita. Toh sudah pasti Rasulullah SAW mengatakan bahwa dengan kita bersekah mampu membuat harta kita menjadi berkah atau tidak akan berkurang. Maka dari itu, janganlah berpikiran bahwa bersedekah mampu mengurangi harta kita, tapi berpikirlah bahwa bersedekah mampu membuat harta kita semakin berkah dan tentunya harta tersebut akan selalu digunakan untuk hal-hal yang sangat baik.

  1. Dibalik sedekah, kita akan belajar keikhlasan

Ketika kita bersedekah, sudah pasti rasa keikhlasan kita selalu ditantang. Maka dari itu ketika kita rajin-rajin bersedekah kita akan senantiasa memberi apapun kepada orang lain dengan didasari hati yang ikhlas. Karena dengan ikhlas itu sendiri akan mendatangkan pahala dan keberkahan bagi orang-orang yang selalu bersedekah.

  1. Sedekah mampu mendatangkan rezeki

Ketika kita pernah merasakan bahwa rezeki yang kita dapatkan dari Allah SWT selalu saja sedikit dan tidak pernah cukup. Itu berarti, kemungkinan besar bahwa kita itu kurang bersedekah terhadap orang lain yang membutuhkan. Maka dari itu, cobalah untuk menyisihkan sebagian harta kita, agar kita senantiasa memperoleh rezeki yang cukup dan terus mengalir pada saat kita membutuhkannya.

Terima kasih ! Semoga bermanfaat ! Rajinlah bersedekah dengan hati yang ikhlas ya!

 

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 22
Pensil

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel