Macam Macam Jaringan Komputer Dan Pengertiannya

7 Sep 2018 22:36 1132 Hits 0 Comments
Di artikel ini, anda akan mempelajai pengertian jaringan komputer dan macam jenisnya. Moga bermanfaat ya..

Jaringan komputer merupakan kumpulan antar komputer yang di rancang untuk dapat saling berkomunikasi dan saling berbagi. Jaringan komputer sendiri ada bermacam-macam yang jarak atau cakupannya berbeda satu sama lain. Untuk lebih jelasnya di bawah ini kami tuliskan beberapa macam jenis jaringan komputer.

Berikut ini macam-macam jenis jaringan komputer yang harus anda ketahui

1. PAN

PAN (Personal Area Network) merupakan jenis jaringan yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer yang jaraknya berdekatan. Luas jangkauannya sangat terbatas, biasanya hanya sekitar 4 sampai 6 meter saja, jaringan jenis ini sering di gunakan untuk menghubungkan handphone, gadget dan perangkat lainnya ke komputer. Installasi juga tidak terlalu sulit dan bahkan bisa mengikuti tutorial yang ada di internet

2. LAN

LAN (Local Area Network) merupakan jenis jaringan lokal yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer seperti antar gedung yang jarkaknya tidak terlalu jauh.

Penggunaan jaringan LAN sering di gunakan di perkantoran atau lingkup kerja. Dengan menggunakan LAN, pasti lebih banyak perangkat yang dapat terhubung ke jaringan sehingga memudahkan dalam urusan sharing dan transfer data antar perangkat.

Luas jangkauan jaringan ini sangat terbatas yaitu sekitar 1 kilometer saja namun bisa diandalkan, media transmisi untuk menghubungkan antar komputer biasanya di gunakan adalah kabel LAN UTP.

3. MAN

MAN merupakan singkatan dari Metropolitan Area Network yang luas jangkauannya lebih luas lagi dari jaringan LAN. MAN biasanya digunakan untuk menghubungkan antar komputer yang jaraknya bisa antar kota.

Penggunaan jaringan MAN sering digunakan pada perusahaan yang memiliki cabang antar kota yang jaraknya cukup berjauhan.

4. WAN

WAN merupakan singkatan dari Wide Area Network merupakan jenis jaringan komputer yang luas cakupannya lebih luas yaitu mencakup antar negara atau antar benua. WAN sendiri terbentuk dari kumpulan beberapa jaringan LAN yang berada di lokasi yang jaraknya saling berjauhan.

Karena cakupannya yang tidak terbatas WAN sering juga disebut dengan jaringan internet, dimana penggunanya dapat saling terhubung dan melakukan komunikasi tanpa mengenal jarak.

5. Wireless

Wireless atau disebut juga dengan WiFi merupakan jaringan yang menghubungkan antar komputer dengan menggunakan gelombang radio. Jaringan ini dikenal juga dengan nirkabel karena media transmisi yang di gunakan tidak lagi menggunakan kabel. Saat ini penggunaan wireless sudah menjamur dan hampir setiap perangkat elektronik seperti smartphone, tablet, printer ataupun smart TV sudah dibekali dengan fitur wireless.

Dengan di hilangkannya kabel untuk menghubungkan antar komputer, wireless di nilai lebih flexible. Penggunaan wireless biasanya di gunakan di jaringan LAN. 

Saat ini penggunaan jaringan wireless telah umum di gunakan seperti di sekolah-sekolah, kampus, restaurant, hotel, airport, taman, tempat kerja dan tempat-tempat umum lainnya.

via

 

Tags

About The Author

Permana 13
Pensil

Permana

Seorang yang hobi menulis, hobi otak atik OS android saat waktu luang

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel