Apa Jadinya Bila Matematika Tidak Ada Di Kehidupan?

7 Sep 2018 18:36 285 Hits 0 Comments
Mereka mengatakan kalau mereka berharap matematika tidak ada di kehidupan sehari-hari. Nah, bila hal yang dikatakan oleh mereka tersebut memang nyata, apa yang akan terjadi pada kehidupan sehari-hari?

Berbicara mengenai Matematika, jelas hal tersebut akan berhubungan langsung dengan kehidupan nyata. Tanpa kita sadari, meski tidak belajar matematika secara teori pada hari tersebut, kalian juga sering menggunakan matematika dalam berbagai kegiatan sehari-hari. Seperti contoh kecilnya yaitu ada orang tuamu yang sejak pagi bekerja di rumah dan tidak tahu sudah berapa lama ia bekerja, orang tua pun bertanya kepada kalian, 'Nak, jam berapa sekarang?', misalnya kalian menjawabnya 'jam 12 pak/bu'. Nah, tanpa kalian belajar secara teori pun, kalian sudah menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, matematika sendiri sangat penting dalam kehidupan dan harus dipelajari. Namun, pada kenyataannya, matematika ini memang sulit untuk dipelajari. Bukan hanya masalah angka, namun banyak sekali rumus yang harus dipelajari oleh mereka, sehingga matematika ini menjadi mata pelajaran yang paling sulit dipelajari dibanding mata pelajaran lainnya.

Riset mengatakan, lebih dari 50% bahkan menyentuh angka 70% mengatakan kalau mereka benci terhadap matematika. Hal ini juga membuktikan kalau matematika benar-benar sulit dikuasai. Dari 70% tersebut, mereka mengatakan kalau mereka berharap matematika tidak ada di kehidupan sehari-hari. Nah, bila hal yang dikatakan oleh mereka tersebut memang nyata, apa yang akan terjadi pada kehidupan sehari-hari?Nah, berikut ini saya akan membahasnya.

  • Tidak Akan Bisa Membuat Manajemen Yang Baik

Poin yang pertama adalah bila di kehidupan nyata tidak ada matematika, maka kalian tidak akan bisa membuat manajemen yang baik. Manajemen tersebut bisa dalam bentuk keuangan, waktu, maupun manajemen lainnya. Misal contohnya, orang tua kalian memberi uang 20 ribu untuk berbagai keperluan. Tanpa adanya matematika, kalian tidak akan bisa mengatur untuk apa saja uang itu digunakan, lalu kalian juga tidak bisa menghemat uang kalian. Contoh lainnya yaitu ketika orang tua kalian memiliki proyek besar yang harus selesai dalam waktu 3 bulan. Tanpa ada matematika, otomatis kalian tidak akan bisa mengatur jadwal pembuatan proyek tersebut.

  • Berbagai Teori Yang Berhubungan Dengan Matematika Tidak Akan Ada

Poin kedua yaitu dengan tidak adanya matematika, maka teori-teori lainnya yang ada sangkut-pautnya dengan matematika juga tidak akan pernah ada. Seperti halnya fisika, bila tidak ada matematika, kita tidak akan bisa mengukur gaya gravitasi dari suatu beban yang jatuh. Bukan hanya fisika, kimia juga termasuk teori tersebut. Dengan tidak adanya matematika, kita juga tidak bisa mengukur berapa persen takaran oksigen pada tabung oksigen pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Adapun teori Informatika juga tidak akan pernah bisa ada di kehidupan sehari-hari. Tanpa adanya matematika, tidak akan ada manusia yang bisa membuat sistem komputer yang canggih hingga secanggih sekarang, dan juga tidak akan ada orang yang mampu sebuah software untuk membantu kehidupan manusia dalam sehari-hari.

  • Tidak Ada Yang Namanya Teknik Kejuruan

Poin ketiga yaitu dengan tidak ada matematika, tidak ada pula yang namanya Sekolah Menengah Kejuruan atau teknik kejuruan selain teknik bahasa di perkuliahan. Kenapa bisa demikian?Hal ini ada keterkaitan dengan poin-poin sebelumnya, yaitu dengan tidak adanya matematika, berbagai kejuruan seperti Teknik Informatika, Elektronika, Manajemen Usaha seperti Akuntansi, Perkantoran dan sebagainya tidak akan pernah ada di kehidupan sehari-hari.

Apa alasan kuatnya?Karena tidak adanya manajemen yang baik di kehidupan sehari-hari. Contohnya, orang yang belajar akuntansi di sekolah SMK atau perkuliahan. Tanpa adanya matematika, mereka yang belajar akuntansi tidak akan bisa mengatur banyak pengeluaran uang atau berbagai data yang masuk ke perusahaan. Hal itu terjadi karena tidak adanya manajemen yang baik tersebut.

  • Berbagai Permasalahan Sulit Untuk Diselesaikan

Poin keempat yaitu berbagai permasalahan akan sulit untuk diselesaikan. Mengapa demikian?Dengan tidak adanya matematika, permasalahan di kehidupan sehari-hari akan dianggap sebagai sebuah kebetulan oleh orang-orang. Contohnya, ada sebuah jalan yang sering mengakibatkan kecelakaan setiap hari sabtu.

Dengan tidak ada matematika, orang-orang akan berpendapat,  'jangan lewat jalan ini setiap hari sabtu, karena jalan ini sering meminta korban pada hari sabtu'. Tidak sampai disitu, tanpa adanya matematika, kita tidak akan bisa mengevaluasi langsung mengapa jalanan ini bisa mengakibatkan kecelakaan setiap hari sabtu.

Itulah pembahasan saya mengenai apa yang terjadi bila matematika tidak ada dalam kehidupan. Meski matematika ini sulit kita pelajari, namun mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus mempelajarinya.

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 23
Pensil

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel