Memiliki Sifat Penyendiri , Burukkah ?

7 Sep 2018 16:32 296 Hits 0 Comments
Sifat penyendiri (introvert) mungkin pernah dirasakan oleh kita . Baik itu sebentar maupun selamanya . Sifat ini hampir dimiliki oleh sebagian kecil orang entah penyebabnya itu karena kehendaknya , dari lingkungan sosial atau dari gaya hidupnya . Namun apakah sifat penyendiri itu buruk bagi yang mengalaminya ?

Sifat penyendiri (introvert) mungkin pernah dirasakan oleh kita . Baik itu sebentar maupun selamanya . Sifat ini hampir dimiliki oleh sebagian kecil orang entah penyebabnya itu karena kehendaknya , dari lingkungan sosial atau dari gaya hidupnya . Namun apakah sifat penyendiri itu buruk bagi yang mengalaminya ?

Menurut dari penilitan bahwa banyak yang salah kaprah tentang orang yang memiliki sifat penyendiri (introvert) mereka menganggap bahwa orang yang memiliki kepribadian introvert cenderung disebut sebagai orang yang kurang gaul , penyendiri , pelamun dan sebagainnya . Oleh karena itulah sebagian besar orang yang memiliki kepribadian introvert tidak mudah mendapatkan kesuksesan tidak seperti orang yang memiliki kepribadian  ekstrovert .

Padahal orang yang memiliki kepribadian Introvert itu bisa saja meraih kesuksesannya hanya saja mereka menampak keterampilannya perlahan lahan . Introvert bisa dibilang sebagai orang yang âBerfikir dahulu sebelum berbicaraâ tidak seperti ekstrovert yang âBerbicara sambil berfikirâ . Introvert adalah orang yang dapat bekerja sama dengan baik namun hanya saja dia memiliki sifat pemalu dan kurang aktif .

Banyak tokoh tokoh sukses yang mempunyai kepribadian introvert antara lain adalah bill gates dan mathama gandhi

orang yang memiliki kepribadian Ekstrovert susah untuk masuk kedalam dunia orang yang memiliki kepribadian introvert karena introvert lebih condong ke percakapan yang berbobot , orang introvert tidak suka akan hal yang basa basi .

orang yang memiliki kepribadian Introvert memiliki sifat yang friendly . ia lebih menghargai tentang arti pershabatan . Introver ketika berbicara sering membahas to the point tanpa basa basi oleh karena itulah ketika mereka bertemu dengan seorang teman baru mereka canggung atau kaku namun berangsur angsur ia akan terbiasa

Namun bukan berarti sifat introvert ini harus didiami begitu saja . Karena dengan sifat introvert ini memiliki banyak kekurangan , bukan dalam mencari teman dalam mencari kerja pun kemungkinan susah kalau memiliki sifat introvert ini .Namun ada cara supaya kita tidak terbiasa dengan Sifat penyediri :

1. Rajinlah berbincang bersama temanmu baik itu penting atau hanya basa basi

2. Sering seringlah ditempat yang ramai namun menurut yang anda sukai

3. Mengisi waktu luang bersama keluarga / Teman

4. Aktif ketika berada di sekolah/kantor/masyarakat

5. Mengkuti perkumpulan atau organisasi

Introvert itu tidaklah buruk tapi hanya saja kebiasaan intovert itu menjadi seseorang mejadi hidupnya anti-sosial . Maka dari itu kita perlahan lahan menghilangkan sifat introvert itu . Menjalani kontak sosial , selalu aktif dalam berpartisipasi dan sering seringlah bersilaturahmi , karena silaturahmi bukan hanya membuat kita dapat menghilangkan sifat introvert namun bisa mempererat hubungan saudara atau teman.

Tags

About The Author

Ikhsan Rasidin 19
Pensil

Ikhsan Rasidin

"Mencoba,Membuat Dan Mengamalkan"

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel