8 Rekor yang Dipecahkan Indonesia di Asian Games 2018

3 Sep 2018 10:26 1521 Hits 0 Comments
Asian games 2018 baru saja berakhir sejak malam tadi. Berbagai rekor pun sukses diukir para atlet Indonesia dari berbagai cabang olahraga.

Asian games 2018 baru saja berakhir sejak malam tadi. Berbagai rekor pun sukses diukir para atlet dari berbagai cabang olahraga. Tak hanya rekor yang diraih oleh para atlet, gelaran Asiam Games 2018 juga begitu istimewa bagi Indonesia. Selain menjadi tuan rumah yang kedua kalinya setelah 56 tahun silam, capaian rekor yang melampaui batas perkiraan yang diraih para atletnya membuat publik menjadi semakin dibuat bangga.

Apa saja rekor-rekor tersebut? Yuk simak ulasannya.

1. Perolehan medali terbanyak sepanjag sejarah Indonesia.

Klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018 per 2 September 2018.

Indonesia pertama kali mengikuti Kontes Asian Games pada tahun 1951 yang digelar di New Delhi, India. Sejak saat itu , Indonesia tak pernah absen mengirim wakilnya untuk mengikuti pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Sudah 18 kali berpartisipasi dalam Asian Games, Asian Games ke 18 ini menjadi pencapaian terbaik Indonesia sepanjang sejarah dengan medali terbanyak. Indonesia duduk di posisi ke 4 klasemen dengan perolehan 98 medali (31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu).

Sebelumnya, pencapainnya saat Asian Games 1962 yang digelar di Jakarta, saat itu berhasil mengumpulkan 77 medali (21 emas, 26 perak, 30 perunggu). Sedangkan pada Asian Games 2014 Indonesia hanya berhasil mengumpulkan 20 medali (4 emas, 5 perak, dan 11 perunggu) yang menjadikannya berada di posisi ke 17.

2. Jonathan Christie menyudahi puasa gelar tunggal putra

Hasil gambar untuk jonatan christie

Meskipun tidak diunggulkan dalan cabang olahraga bulutangkis, namun penampilan gemilang Jonathan Christie menorehkan sejarah baru bagi Indonesia. Kemenangannya atas wakil Taipe, Chou Tienchen partai final nomor tunggal putra membuatnya memperoleh medali emas di Asian Games 2018.

Kemenangannya tersebut menyudahi puasa gelar di nomor tunggal putra Indonesia sejak Asian Games 2016. Selain itu, Jojo juga tercatat sebagai peraih medali emas tunggal termuda sepanjang sejarah.

3. Pengulangan All Indonesian final di cabor bulutangkis

Hasil gambar untuk all indonesian bulutangkis

Dalam partai final ganda putra dalamc abor bulutangkis, Indonesia berhasil menyajikan all Indonesian final dengan menpertemukan pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Fajar Alfian/Rian Ardianto. Hal serupa juga pernah terjadi pada Asian Games 1974 di Iran, dimana kedua ganda putra terbaik Indonesia saat itu bertemu di partai final.

4. Juara ganda putra tiga kali berturut-turut

w644

Pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya menjadi pasangan ganda putra terbaik di Asia. Mereka mendapatkan medali emas tiga kali berturut-turut dan berhasil mempertahankan gelar juara ganda putra sejak Asian Games 2018.

5. Akhiri puasa gelar selama 52 tahun di nomor estafet

Hasil gambar untuk nomor lari estafet zohri

Perjuangan luar biasa selanjutnya berasal dari tim Indonesia lari estafet 4x100m berhasil membuat tim yang beranggotakan Lalu Muhammad Zohri, Eko Rimbawan, Fadlindan Banyu Kertanegara mempersembahkan medali perak setelah menunggu 52 tahun lamanya untuk memenangkan pertandingan ini kembali.

6. Tinju putri Indonesia mencetak sejarah

w644

Tak kalah dari cabor yang lain, cabor tinju juga mencetak rekor. Menghadapi wakil Thailand dalam perebutan medali perunggu, petinju putri Indonesia, Huswatun Hasanah berhasil memenangkan pertandingan dan berhak atas medali perunggu. Pencapaian tersebut membuat nama Huswatun tercatat sebagai petinju putri Indonesia pertama yang meraih medali di ajang Asian Games.

7. Tim bulutangkis putra ke final setelah 16 tahun.

Gambar terkait

Meskipun kalah dari China dengan skor 1-3 pada partai final cabor bulutangkis nomor beregu putra, namun penampilan timnas bulutangkis Indonesia berhasil menyudahi penantian setelah 16 tahun lamanya.

Indonesia terakhir kali mencicipi final beregu putra pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan dan berhak atas medali perak setelah dikalahkan tuan rumah dengan skor 1-3.

8. Medali emas sepak takraw pertama Indonesia sepanjang sejarah

Hasil gambar untuk sepak takraw asian games 2018

Berhasil mengalahkan Jepang lewat tiga game pada partai final sepak takraw putra di nomor quadrant, Saiful Rijal dkk berhasil mempersembahkan medali emas ke-31 bagi kontingen Merah-Putih.

Kemenangan tim sepak takraw Indonesia tersebut menjadi yang pertama semenjak pertama kali dipertandingan pada Asian Games 1990 di Beijing China. Sebelumnya, capaian terbaik tim sepak takraw Indonesia hanyalah medali perunggu. Sedangkan di Asian Games 2018, tim Indonesia berhasil mempersembahkan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu di cabor sepak takraw.

 

Itulah rekor-rekor pencapaian Indonesia di Asian Games 2018, hebat sekali bukan? kita wajib sekali bangga sebagai bangsa Indonesia.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 32
Ordinary

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel