Tips Mengobati Flu

1 Sep 2018 21:12 1047 Hits 0 Comments
Jika kalian sedang mengalami flu, cobalah tips - tips berikut untuk mengatasi flu tanpa perlu ke dokter

Influensa atau lebih dikenal dengan sebutan flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru – paru. Penyakit ini bisa dengan mudah menular serta menyebar. Adapun beberapa faktor penyebabnya, seperti kecapean, kehujanan dan bisa juga faktor cuaca. Khusunya di Indonesia sekarang ini sedang terjadi cuaca buruk, jadi mungkin sebagian orang yang tidak bisa menjaga kesehatannya dengan baik pasti akan terkena penyakit flu.

Walaupun penyakit ini tergolong ringan, tetapi akan sangat mengganggu aktivitas yang akan kita lakukan ketika sedang penyakit tersebut. Oleh karena itu perlunya kita menjaga kesehatan diri kita agar terhindar dari penyakit ini.

Bagi sebagian kalian yang sedang mengalami flu, disini saya ada beberapa tips mengatasi flu yang dilansir dari www.astaga.com , yaitu :

1. Mengkonsumsi minuman hangat

Kalian dapat mengkonsumsi minuman yang hangat-hangat misalnya, air putih hangat, air teh hangat, atau air jeruk hangat. Cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

2. Perbanyak istirahat

Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan  mudah menyerang saat sistem kekebalan tubuh melemah. Sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal.

3. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Atau juga bisa, berkumurlah dengan cairan khusus untuk berkumur yang banyak beredar di pasaran.

4. Menghirup aroma minyak kayu putih

Menghirup aroma yang menyegarkan dan melegakan pernapasan dapat meringankan flu. Oleskan minyak kayu putih di lubang hidung dan hirup aromanya dalam-dalam. Oleskan juga pada dada dan leher. Efek hangat yang ditimbulkannya dapat mengurangi perasaan tak nyaman karena flu.

5. Memperbanyak mengkonsumsi buah – buahan dan sayuran

Saat flu, kondisi tubuh melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh juga melemah. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal.

6. Mandi dengan air hangat

Saat kalian mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat. Tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

7. Konsumsi madu

Berbagai khasiat madu sudah tak diragukan lagi. Selain rasanya yang manis dan enak, madu bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit,  termasuk flu atau pilek. Jadi saat flu biasakan minum madu tiga kali sehari, dan digabung dengan air hangat agar khasiatnya lebih terasa.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel