Menengok Hollywood Mini di Desa Gamplong,Sleman ,Yogyakarta

1 Sep 2018 15:15 1452 Hits 0 Comments
Berwisata ria di desa Gamplong sambil melihat hollywood mini
Tempat lokasi syuting untuk film,sinetron biasanya mengambil tempat yang asri dan sejuk .Desa wisata Gamplong memiliki  keunikan tersendiri membuat desa ini dipilih menjadi tempat lokasi syuting film.
 
 
Beberapa film ternyata telah mengambil lokasi desa ini seperti cilfilm Bumi Manusia dan terakhir film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dengan judul film Sultan Agung.
 
 
Desa wisata Gamplong yang terletak di dusun Gamplong,Desa Sumber Rahayu,Kecamatan Moyudan ,Kabupaten Sleman,Yogyakarta ini berada sebelah barat kota Yogyakarta memang eksotis.
 
 
Tak heran desa ini  wisata Gamplong terkenal sebagai mini Hollywood lantaran wilayah ini didirikan studio alam Gamplong,Sleman tempat lokasi syuting film terbaru besutan Hanung Bramantyo Sultan Agung The Untold love story .
 
 
Desa wisata Gamplong yang asri menjadi alasan desa ini sebagai studio alam yang dibangun tahun 2017 menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan berupa Wisatawan juga bisa  melihat dari dekat sejumlah bangunan ala keraton Mataram.
 
 
Selepas syuting film Sultan Agung rampung studio alam ini kemudian dihibahkan sebagai pengembangan desa wisata.Tak heran ketika berwisata di desa ini banyak dijumpai ornamen yang unik sebagai tempat swafoto.
 
Ornamen yang awalnya adalah bekas studio alam menjadi tempat wisata edukasi mengenal budaya,sejarah tempo dulu membuat desa wisata Gamplong dikenal dengan mini hollywood. Desa wisata Gamplong menawarkan sensasi tak biasa,unik dimana Gamplong terkenal sebagai central industri kerajinan kain tenun di Yogyakarta sejak tahun 1950.
 
Industri kerajinan kain tenun yang ada di desa Gamplong masih tradisional dengan memakai Alat Tenun Tanpa Mesin(ATBM) ini mampu menghasilan kain tenun sebagai bahan stagen.Desa wisata Gamplong dikenal sentral pengrajin kain gorden,taplak meja kemudian wisatawan dapat melihat dari dekat proses pembuatan kain tenun dari pemilihan bahan hingga proses akhir pembuatan tenun dan menariknya wisatawan dapat memesan kain tenun yang diberi nama sesuai permintaan .
 
Sensasi lain tak kalah menarik yang ada di desa Gamplong adalah kerajinan berbahan serat alam yaitu enceng gondok.lidi kelapa,mendong dan akar wangi yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan berbagai hasik kerajinan yang istimewa kualitas ekspor seperti tas, dompet,aksesoris dan kerajanan menarik lainnya.
 
Hasil kerajinan masyarakat Gamplong mampu dipasarkan hingga mancanegara seperti negara Australia,Eropa .Wisatawan tidak saja dimanjakan berbagai produk kerajinan tetapi juga wahana arena outbound yang beragam mengasyikkan kemudian wisatawan sembari melihat beragam kerajinan dapat menikmati aneka kuliner khas Gamplong .
 
 
Destinasi wisata yang unik,berbeda dari desa wisata lain di daerah Yogykarta adalah paduan destinasi wisata digital dan wisata kerajinan yang sensional bagaimana tidak wisatawan dapat melihat dua destinasi wisata yang eksotis dalam satu lokasi yang tak biasa .
Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel