6 Tips Paling Dasar untuk Investor Saham Pemula

29 Aug 2018 15:55 1399 Hits 0 Comments
Milenial kepincut dengan yang namanya investasi saham tentu tak lain dan tak bukan karena cuan yang menggiurkan.

Investasi saham memiliki daya tarik tersendiri bagi generasi milenial. Tak mengherankan, jumlah investor milenial di pasar modal kini meningkat signifikan. Milenial kepincut dengan yang namanya investasi saham tentu tak lain dan tak bukan karena cuan yang tinggi. Nah, sebagi investor pemula, tentu perlu kehati-hatian dalam investasi saham. Berikut ini 6 tips sederhana bagi mereka:

1. Mulai dengan modal kecil
Karena boleh dikata belum mengenal betul saham dengan baik, tentu sangat disarankan untuk memulai investasi saham dengan modal kecil. Tujuannya cukup simpel yakni manakala salah langkah maka kerugian yang diderita tidak terlalu besar. Transaksi kecil-kecilan juga dimaksudkan untuk ajang pembelajaran dan pembiasaan menggunakan software jual-beli saham. Jangan pula minder karena modal kecil. Ingat pepatah, dikit-dikit lama-lama menjadi bukit.

2. Gunakan uang dingin atau idle money
Uang dingin adalah uang yang tidak dimaksudkan untuk keperluan tertentu dan mendesak. Ini berarti idle money itu uang yang tidak diperuntukkan untuk kebutuhan sehari-hari, asaransi, dana darurat hingga uang untuk bayar utang. Uang untuk investasi adalah uang yang dikhsususkan untuk investasi. Penggunaan uang dingin ini penting supaya kita tak perlu khawatir alias pusing tujuh keliling manakala hasil investasi kurang terlalu baik.

3. Pilih mau jadi investor atau trader
Orang kadang tidak bisa membedakan keduanya setelah praktik di pasar saham. Yang awalnya ingin menjadi investor, ujung-ujungnya menjadi trader. Tapi lgai-lagi ini soal pilihan. Trader biasanya melakukan kegiatan membeli saham untuk dijual kembali dalam jangka waktu tidak terlalu lama, sedangkan investor biasanya membeli saham untuk disimpan dan dijual kembali di masa depan.

4. Lakukan analisis dan diversifikasi saham
Sebagai seorang trader atau pun investor tentu perlu belajar analisis agar bisa membuat keputusan yang menguntungkan sehingga pundi-pundi uang makin berjibun. Selain itu, diversifikasi saham juga diperlukan untuk membagi risiko. Manakala ada saham yang lagi turun maka akan tercover oleh saham lain yang sedang naik.

5. Sabar dan jangan banyak berspekulasi
Menjaga mental dan emosi saat berinvestasi itu penting. Kontrol emosi diperlukan agar kita tidak gampang membuat keputusan di saat-saat genting, misalkan saat harga sedang anjlok. Oleh sebab itu, hindari pula spekulasi yang berlebihan bagi investor pemula terkait dengan pemilihan saham dan penggunaan margin.

6. Manfaatkan platform online yang menguntungkan
Platform bernama IPOTSTOCK menyediakan kenyamanan investasi saham online dengan teknologi tools modern untuk mengatur return terbaik. Dengan dukungan fitur dan tools analisis andal ditambah dengan distribusi berita dan informasi riset secara berkala yang komprehensif investyor bisa mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 40
Ordinary

Johanes Sutanto

Pembelajar dalam menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel