Laptop Terkena Tumpahan Air? Berikut Cara Mengatasinya

29 Aug 2018 15:07 2164 Hits 0 Comments
Simak tips khusus yang harus segera dilakukan sesaat setelah laptop-mu terkena tumpahan air. Berikut caranya mengatasi laptop yang terkena tumpahan air

Laptop yang tak sengaja tersiram air tentu merupakan mimpi buruk bagi setiap para penggunanya. Apalagi, jika bagian laptop yang terkena seperti keyboard. Ini tentu berisiko bisa merusak bagian-bagian penting seperti motherboard.

Meski kedengarannya sepele, alangkah baiknya kamu benar-benar menjaga laptop-mu dari peristiwa seperti ini. Karena jika tidak, risiko yang kamu terima bisa jadi lebih berat dari yang diperkirakan.

Biasanya saat laptop terkena tumpahan air, bagian yang kena adalah keyboard. Beberapa saat kemudian, laptop mati. Ia pun harus menerima konsekuensi kerusakan di bagian motherboard-nya. Biaya penggantian komponen pun tinggi.

Alhasil, opsinya harus mengganti komponen motherboard atau membeli laptop baru yang harganya tak jauh berbeda dari motherboard itu sendiri.

Nah, jika kamu mengalami kejadian ini, sebaiknya simak tips khusus yang harus segera dilakukan sesaat setelah laptop-mu terkena tumpahan air. Intinya jangan panik, berikut caranya mengatasi laptop yang terkena tumpahan air

1. Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop di-charge, segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Catatan : jika laptop-mu terkena air saat di-charge dan langsung mati, JANGAN sambungkan kabel charger ke unit laptop. Dan, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop via tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

2. Balikkan Laptop

Segera balikkan laptop ke arah bawah. Upaya ini dilakukan agar untuk 'membuang' air yang terlanjut masuk lewat celah keyboard. Kalau bisa, letakkan laptop dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk menunggu semua air keluar.

3. Bersihkan Bagian yang Basah

Sembari membalikkan laptop-mu, coba kembali tinjau bagian-bagian seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud atau kapas untuk menarik cairan. Lakukan cara ini dengan upaya untuk menarik cairan dari bagian-bagian yang basah.

4. Letakkan di Dalam Beras

Sama halnya seperti smartphone yang terkena air, simpan laptop ke dalam beras. Upaya dilakukan mengingat beras adalah bahan yang bisa mengeringkan laptop dan setidaknya bisa menghisap cairan keluar.

Tambahan : 

5. Pergi ke Service Center

Jika kamu sudah melakukan cara di atas namun laptop tak kunjung menyala, segera bawa laptop-mu ke layanan reparasi untuk ditindaklanjuti.

Semoga Bermanfaat.

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel