Teknik Serangan Jitu Dalam Olahraga Futsal

28 Aug 2018 11:08 1954 Hits 0 Comments
Menyerang bukanlah perkara atau hal yang mudah , dalam membuat alur penyerangan, pemain diwajibkan untuk mengetahui teknik atau alur serangan yang efektif untuk mencetak gol.

Futsal , siapa yang nggak kenal sama olahraga satu ini , kemiripan nya dengan sepakbola membuat olahraga futsal ini sangat digemari oleh anak anak, dewasa sampai orang tua,  mereka masih banyak yang suka bermain futsal. Mungkin olahraga futsal dilihat seperti olahraga yang sederhana . namun, pada kenyataanya futsal butuh level pemahaman dan teknik yang sangat tinggi.

Menyerang bukanlah perkara atau hal yang mudah , dalam membuat alur penyerangan, pemain diwajibkan untuk mengetahui teknik atau alur serangan yang efektif untuk mencetak gol.

Untuk itu simaklah beberapa tips supaya penyerangan anda dapat menghasilkan gol dengan efektif.

1.Formasi serangan

Formasi 1-0-3

Formasi sangatlah penting untuk membangun sebuah penyerangan yang efektif. Formasi 1-0-3 merupakan formasi yang menempatkan 3 pemain yang memilki skill menyerang dengan baik di depan dan satu pemain bertahan di belakangnya untuk memberi komando dan mengatur alur serangan tersebut. Formasi ini sangatlah efektif untuk mengurung lawan di area nya sendiri . namun formasi ini sangatlah rawan terhadap serangan balik.

2.Rotasi pemain

Pada permainan futsal rotasi merupakan suatu pergerakan yang dilakukan oleh para pemain dengan berpindah atau bertukar tempat antar pemain serta saling mengisi posisi antara pemain satu dengan yang lainnya. Gerakan rotasi pemain ini bertujuan untuk membuka ruang agar menemukan celah kosong yang dapat dimanfaatkan dalam membangun serangan dan menerobos pertahanan lawan. Untuk bisa melakukan rotasi ini dengan baik sangat dibutuhkan komunikasi dan kekompakan tim yang solid sehingga mampu menghasilkan variasi serangan yang efektif.

3.Bermain dengan satu dua sentuhan

Bermain dengan gaya seperti ini atau lebih dikenal dengan istilah One two merupakan taktik yang sangat ampuh karena ini akan menyulitkan lawan untuk mengambil bola . sehingga kita bisa mengontrol jalan nya pertandingan dan membuat gol dengan cepat. Namun, taktik ini memerlukan stamina dan skill control bola yang tinggi.

4.Bermain dengan memanfaatkan lebar lapangan

Ketika salah seorang teman kita mendapatkan bola maka yang harus kita lakukan dengan cepat adalah membuka ruang dengan memanfaatkan luas lapangan supaya teman kita bisa mengoper bola dengan mudah dan biasanya ketika kita melebar tidak ada pemain lawan yang menjaga sehingga kita bisa lanngsung shooting kea rah gawang atau menunggu teman yang bisa lebih bagus untuk menghasilkan sebuah gol.

5.Gunakan serangan Wall Pass

Dalam teknik serangan yang efektif ketiga ini, Kombinasi dilakukan untuk membongkar pertahanan lawan. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama, kerjasama tim antar pemain yang baik. Tanpa adanya kerjasama yang baik, umpan dan pergerakan yang dilakukan akan mudah dipatahkan lawan. Untuk itu, diperlukan latihan rutin agar bisa menjalankan teknik ini dengan sempurna. Pada serangan Wall pass cukup menggunakan dua pemain untuk mencetak gol, yaitu dengan memainkan pola 2-2.

  1. Dua defender berdiri sejajar di belakang. Mainkan bola sambil menunggu waktu yang pas untuk memberikan umpan ke depan.
  2. Defender memberikan passing ke salah satu striker.
  3. Setelah itu, salah satu striker memberikan umpan pendek dengan arah diagonal ke tempat kosong kepada striker dua, sambil berlari ke tempat kosong di dekat mulut gawang.
  4. Striker dua kembali memberikan umpan daerah ke tempat yang dituju tadi ke striker satu.  kemudian striker satu itulah yang mengakhiri dengan tembakan ke gawang. 

 

Itulah beberapa taktik yang bisa kita terapkan ketika bermain futsal , dengan menerapkan taktik taktik ini kita bisa meningkatkan ke efektifitasan dalam melakukan serangan supaya lebih besar untuk menciptakan gol dan membawa tim menuju kemenangan.

About The Author

Dodi wahyono 33
Ordinary

Dodi wahyono

Saya adalah seorang pelajar di SMK YPC TASIKMALAYA mengambil keahlian di bidang IT khusus nya di REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel