Ternyata Berbahaya Jika Terlalu Banyak Pikiran

27 Aug 2018 20:08 316 Hits 0 Comments
Hindari terlalu banyak pikiran, sebab ada dampak buruknya. Disini saya akan membahas beberapa dampak yang akan diakibatkan jika terlalu banyak pikiran.

Ketika memikirkan suatu hal setiap orang akan berbeda – beda memikirkannya. Adapun yang hanya memikirkannya biasa saja namun ada juga sebagian orang memikirkannya terlalu berlebihan, sampai – sampai terpikirkan berkepanjangan hingga tidak bisa tidur. Memikirkan suatu hal yang berlebihan ini yang sangat tidak baik bagi kesehatan dan psikologis jiwa jika dilakukan, sebab akan ada banyak sekali dampak yang akan dirasakan.

Dilansir dari www.freshbugar.com terdapat beberapa bahaya yang akan terjadi jika terlalu banyak pikiran, yaitu :
 

1. Menurunkan daya ingat

sebuah penelitian tahun 2010 yang menemukan bahwa kondisi stres (karena banyak pikiran) dapat menurunkan daya ingat seseorang.
Bagian ingatan yang terserang adalah ingatan spasial yang berfungsi dalam membantu mengingat lokasi dan mengaitkannya dengan obyek tertentu.
Peneliti dari University of Lowa menemukan adanya hubungan hormon stres kortisol dengan penurunan kemampuan memori jangka pendek. Penelitian tersebut dipublikasikan di Journal of Neuroscience, menjelaskan bahwa hormon kortisol dapat mengurangi sinapsis, dampaknya akan menimbulkan gangguan pada memori otak. Dengan begitu, banyak pikiran yang hingga memicu stres, dapat menyebabkan penurunan kemampuan daya ingat, setidaknya dalam jangka pendek.

2. Tumbuh jerawat pada bagian tertentu terutama wajah

Jika seseorang memiliki wajah mulus, tapi secara tiba-tiba timbul jerawat tanpa penyebab yang jelas. Mungkin penyebabnya adalah stres atau banyak pikiran (jika beberapa hari sebelumnya Anda banyak masalah atau pikiran). Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Psychosomatic Medicine menemukan bahwa 41 persen responden yang stres mengalami peningkatan jumlah protein dalam darah. Dampaknya kulit lebih rentan terkena masalah radang, yang akhirnya menimbulkan jerawat satu persatu. Selain kulit berjerawat, dampak lainnya adalah kulit gatal, kulit cenderung kering, ataupun kulit mengalami kemerahan. Maka sangat penting agar selalu menenangkan pikiran, jalani hidup dengan pikiran yang tenang. 

3. Susah tidur

Hal ini kemungkinan besar akan terjadi jika kita sedang banyak pikiran. Kondisi jiwa yang tidak tenang menyebabkan Anda tidak nyaman saat merebahkan badan. Ada banyak penyebab susah tidur, stres dan banyak pikiran menjadi alasan yang paling umum disebutkan. Kalian harus melepaskan rasa khawatir dan pikiran-pikiran yang membelenggu saat memasuki waktu tidur. Jika ingin merencanakan sesuatu atau memecakan suatu masalah, maka lakukan-lah pada pagi hari setelah tidur. Jangan membuat pikiran terlalu aktif saat mendekati waktu tidur, justru yang harus kalian lakukan adalah membuat rileks tubuh dan pikiran. Agar tetap rileks saat tidur, maka 60 menit sebelum tidur hindari penggunaan komputer, laptop, TV ataupun gadget. Cahaya yang ditangkap oleh mata menyebabkan Anda sulit tidur.

4. Sakit kepala

Terlalu lama atau banyak berpikir bisa memicu sakit kepala. Berpikir keras dapat menyebabkan kelelahan fisik maupun mental, yang kemudian memunculkan rasa sakit kepala. Adapun penelitian yang mengatakan bahwa kondisi pikiran tertentu dapat memengaruhi tubuh, hingga bisa memunculkan penyakit ataupun memperparah kondisi penyakit yang sedang dialami. Kondisi fisik dapat memburuk akibat faktor mental, seperti banyak pikiran, rasa cemas dan stres.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 22
Pensil

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel