Apa Itu Client-Side Dan Server-Side

25 Aug 2018 23:30 5039 Hits 0 Comments
Jika memang anda bergelut dalam pemograman web mungkin anda mengenal istilah Client-side dan server-side . Tapi untuk sebagian orang awam mungkin masih terdengar aneh . Namun perlu anda ketahui bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara Client-side Dan Server Side , Seperti apakah perbedaan nya itu?

Jika memang anda bergelut dalam pemograman web mungkin anda mengenal istilah Client-side dan server-side . Tapi untuk sebagian orang awam mungkin masih terdengar aneh . Namun perlu anda ketahui bahwa ada perbedaan yang sangat signifikan antara Client-side Dan Server Side , Seperti apakah perbedaan nya itu?

Menurut Bahasa , client-side itu berarti sisi pengguna dan server-side itu berarti sis server/penyedia

Menurut Penjelasannya , Client-side scripting adalah Salah satu jenis bahasa pemograman web yang diproses pengolahannya (Execution) dilakukan di sisi client (user) . Seperti hal nya adalah penggunaan HTML dan CSS . kedua bahasa pemograman tersebut bekerja di client server . Ketika ada kode yang berupa HTML dan CSS kode tersebut akan diproses oleh pengunjung ,yakni disisi Klien . Bukan hanya HTML dan CSS . Bahasa pemograman yang mendukung client-side adalah Javascript , dengan javascript kita dapat membuat tampilan yang menarik dan User Firendly , karena didalam javascript ini kita bisa membuat game , animasi dan berbagai jenis jenis interaktif lain di web . Jika terjadi loading lama pada suatu web , kemungkinan web yang anda kunjungi menggunakan banyak kode pada laman yang anda kunjungi.

Bahasa Pemograman yang Bekerja Di Client-side antara lain :

- HTML

- CSS

- JavaScript

- XML

- Jquery

Untuk yang selanjutnya adalah server side . Server-side progamming language (Bahasa Pemograman Berbasis Server) yaitu bahasa pemograman web yang diprosesnya disisi server . Maksudnya sering dikenal sebagai web server , Seperti contohnya adalah bahasa pemograman web PHP (Hypertext Preprocessor).  karena PHP termasuk bahasa pemograman web berbasis server maka kode PHP tidak bisa dijalankan lewat server .

Bahasa pemograman selain PHP dalam server-side antara lain :

- Active Server Pages (ASP)

- Hypertext Preprocessor (PHP)

   Nah bagaimana cara kerja proses server-side itu ? . Dan mengapa harus menggunakan server terlebih dahulu ?

Untuk bisa memproses bahasa pemograman web server-side setidaknya harus menggunakan web server . web server berfungsi mengatur lalu lintas data dari dan ke browser pengunjung .

Untuk client-side . Ketika ketika mengklik sebuah web browser dan menjalankan kode yang berupa bahasa pemograman web client-side saja maka sebuah web browser itu akan meminta (request) kepada server . Didalam server ini bahasa pemograman web client-side langsung dikirimkan kepada client tanpa harus diproses . Sesudah itu maka file tersebut akan diterjemahkan oleh web browser yang bersangkutan

Namun untuk bahasa pemograman web server-side . Browser client yang merequest sebuah web yang didalamnya terdapat bahasa pemograman web client-side , maka server tersebut akan memanggil modul bahasa pemograman web client-side tersebut dan akan dilakukan pemrosesan . Jika tidak dihubungkan dengan database , bahasa pemograman web client-side akan diproses oleh server terlebih dahulu sebelum ditampilkan ke browser client tersebut.

Tags

About The Author

IIOPOPOPAAh 30
Ordinary

IIOPOPOPAAh

SOPOPOPROPFhh

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel