Tips Mengobati Sakit Tenggorokan

24 Aug 2018 19:31 1377 Hits 0 Comments
Pasti sangat menjengkelkan ketika tenggorokan kita terasa sakit. Tetapi tidak perlu khawatir, disini saya ada beberapa tips untuk mengatasinya

Ketika tenggorokan kita bermasalah, mungkin akan sangat tidak nyaman dirasakan. Dari sakit tenggorokan itu bisa menjadi pertanda awal dari penyakit pilek dan flu, pita suara yang meregang atau juga bisa sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan. Tidak hanya menjadi pertanda awal kedatangan pilek atau flu, tetapi juga bisa dikarenakan kita terlalu sering berbicara keras – keras tidak beraturan, memaksakan nada yang tidak bisa dicapai atau menggunakan teknik yang salah dalam bernyanyi dan juga memaksakan diri untuk teriak – teriak. Hal tersebut juga bisa menjadi pemicu tenggorokan kita sakit.

Dengan mengistirahatkan tenggorokan kita selama semalaman, mungkin bisa mengurangi dan bahkan mengilangkan rasa sakit tersebut. Tetapi jika itu tidak berhasil, dilansir dari KOMPAS.COM,  ada beberapa tips untuk mengurangi bahkan menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan kita yaitu :

1. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas sakit tenggorokan. Beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan kalian saat menelan.

2. Penuhi cairan tubuh

Jika kalian mengalami radang tenggorokan, hanya perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan. Ketika kalian kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk. Kalian harus mengonsumsi cukup banyak cairan sehingga urin berwarna jernih. Hal ini akan membuat selaput lendir tetap lembab dan bekerja lebih baik dalam melawan bakteri dan penyebab iritasi, seperti alergen, dan membuat sistem kekebalan tubuh lebih efektif memerangi gejala pilek dan flu lainnya. 

3. Permen pelega tenggorokan

Beberapa permen pelega tenggorokan yang dijual bebas di pasaran mengandung ekstrak menthol, peppermint, atau eucalyptus, bahan yang bisa memberikan efek sejuk dan mati rasa sejenak pada jaringan tenggorokan kalian. Ketiga bahan ini mengandung properti anti-peradangan, antibakteri, dan antivirus yang dapat mendorong proses penyembuhan. Permen dan obat batuk berfungsi meningkatkan produksi air liur dan menjaga tenggorokan  tetap basah. Namun sesuai namanya, permen ini dapat melegakan tenggorokan gatal, walaupun hanya sementara dan sangat efektif untuk di saat darurat.

4. Berkumur dengan air kunyit

Rempah berwarna kuning ini merupakan agen antioksidan yang sangat kuat, dan juga bermanfaat untuk memerangi banyak kondisi serius. Untuk meredakan radang tenggorokan, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari.



 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel