Mengenal Lebih Dekat Batik Kayu Krebet Asal Dari Yogyakarta

23 Aug 2018 17:49 3344 Hits 0 Comments
Batik kayu asal.desa wisata Krebet,Bantul,Yogyakarta terkenal keindahannya membuat kerajinan batik kayu ini dikenal hingga mancanegara
   Desa wisata  Krebet tidak asing bagi wisatawan nusantara yang terkenal dengan batik kayu Krebet yang eksotis membuat desa ini terkenal hingga mancanegara .   
Desa wisata Krebet terletak di desa Sendangsari,Kecamatan Panjangan ,Bantul,Yogyakarta atau barat daya kota Yogyakarta .Desa Krebet eksotis berada dibukit Selarong yang dikenal tempat bersejarah perjuangan Pangeran Diponegoro.
 
       Desa wisata Krebet dikenal desa agraris dengan beragam hasil pertanian mulai palawija,polo kependem  dan jambu biji yang banyak dijumpai sekitar gua selarong.Desa wisata Krebet menawarkan sensasi tak biasa yang mampu memberi kesan tak terlupakan bagi wisatawan yaitu batik kayu .
     
      Kayu yang digunakan media membatik yaitu kayu mahoni,klepu,sengonn yang dikenal jenis kayu berkualitas baik.Wisatawan bisa melihat bagaimana proses membatik hingga hasil kerajinan batik mulai topeng batik kayu,wayang,patung,bingkai cermin,gantungan kunci dan beberapa souvenir lainnya .
 
       Wisatawan juga dimanjakan kuliner tradisional yang memiliki cita rasa tinggi mulai sayur lodeh,gudeg manggar,tempe goreng yang menggoda selera.Wisatawan kala lelah melanda dapat menginap di beberapa homestay yang nyaman sembari menikmati sensasi suasana pedesaan nan asri
Batik kayu Krebet begitu familiar dikalangan masyarakat Bantul,Yogyakarta tak heran kerajinan ini menjadi terkenal tidak saja pasar domestik tetapi juga merambah pasar internasional dari Asia,Timur Tengah hingga Eropa .
 
      Batik kayu adalah kerajinan masyarakat desa Krebet ,Sendangsari,Panjangan ,Bantul yang demikian populer di Yogyakarta tak heran wisatawan banyak berwisata ke desa ini berburu batik kayu Krebet.Awal produksi warga Krebet hanya produksi patung tanpa motif tahun 1970 sepuluh tahun kemudian pengrajin berinovasi baru dengan membuat kerajinan patung,topeng bermotif batik dibuat langsung secara manual tanpa menggunakan alat ba ntu atau cetakan.
 
      Kerajinan batik kayu dalam pembuatannya secara manual tanpa alat bantu mampu menciptakan beragam motif yang eksotis mulai motif kawung,garuda,sidorahayu,sidomukti,parangrusak dan beberapa motif lainnya tak biasa.Motif batik kayu Krebet ini dibuat secara manual perlu keahlian tersendiri untuk menghasilkan karya seni berkelas tinggi yang demikian mendetail .Bahan baku batik kayu terbuat dari kayu sengon,pule dan kayu jati ini dipilih berdasar keunggulan,kualitas kayu sebagai bahan kerajinan.Cara pembuatan batik kayu perlu keahlian tertentu berdasar pola,bentuk yang ingin dibuat sedemikian rupa lalu diukir sesuai pola yang diinginkan.
 
      Proses selanjutnya setelah ukiran jadi kemudian ukiran setengah jadi diamplas ,dibatik dan diwarnai.Pewarna batik kayu terdiri pewarna batik,naptol,indigosol,dan cat sungging kemudian kebanyakan motif yang dipakai dalam proses batik kayu Krebet  adalah motif parang rusak,parang barong ,kawun,garuda,sidorahayu hingga sidomukti .
 
      Kemampuan seni warga Krebet mengubah kayu menjadi handycraft berupa bentuk pahatan,ukiran perabot rumah tangga,perhiasan yang eksotis Tidak hanya  keraji.nan topeng kayu bermotif yang dibuat pengrajin Krebet ,namun masih banyak macam kerajinan yang dihasilkan mulai wayang,patung,miniatu almari,frame foto dan beragam souvenir khas Krebet .
 
      Wisatawan tidak hanya melihat dari dekat proses pembuatan batik kayu Krebet dari pemilihan bahan baku sampai proses akhir,melainkan juga wisatawan dapat belajar membuat batik kayu disanggar seni di Desa Krebet .
Tags

About The Author

Suryatiningsih 45
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel